Kadisnaker Nunukan Minta Perusahaan Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Nunukan M Munir ST

MITRAPOL.com, Nunukan – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Nunukan M Munir ST mengatakan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Nunukan sebaiknya lebih memprioritaskan tenaga kerja lokal ketimbang membawa tenaga kerja dari luar Nunukan dengan biaya tranportasi yang ditanggung oleh perusahaan.

Saat ini, keberadaan sejumlah perusahaan di kabupaten Nunukan cukup memberikan devisa terbesar kepada pemerintah dan maasyarakat kabupaten Nunukan utamanya terbukanya lapangan kerja mengurangi penganguran .

Untuk itu, Kepala Disnaker tak henti – hentinya mengingatkan perusahaan yang beroperasi kabupaten Nunukan agar mengutamakan tenaga kerja Lokal, boleh mendatangkan Tenaga kerja Skill tetapi dibatasi.

Selain itu Kadis tenaga kerja selalu memperjuangkan hak hak tenaga kerja namun tidak mengabaikan hak hak perusahaan.

Menurut Munir. ST sejumlah perusahaan di kabupaten Nunukan mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA), mereka memiliki Ijin Tinggal Sementara juga memiliki Visa kerja.

“Tenaga kerja Asing tersebut paling banyak bergerak di bidang Perkebunan Sawit dan Bidang Pertambangan,” ujarnya, Jumat (19/01/2019).

Dari hasil laporan yang disampaikan oleh Perusahaan yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing  dan tidak menutup kemungkinan hampir semua Tenaga Kerja Skill dan menduduki  posisi Jabatan Trategis.

Munir ST mengimbau kepada perusahaan baik yang bergerak dibidang pertambangan maupun bergerak di bidang Perkebunan Sawit agar Tenaga kerja Lokal dilatih dan didik agar mereka bisa menduduki jabatan yang sama oleh Tenaga Kerja Asing.

“Laporan tenaga kerja asing setiap bulan dilaporkan oleh Perusahaan terkadang juga sekali sebulan dan ada juga melaporkan satu kali dalam tiga Bulan, Dinas Tenaga kerja Nunukan juga membuat laporan kepada Kementerian Tenaga Kerja tentang keberadaan tenaga kerja asing maupun posisi jabatan yang duduki,” pungkasnya. (Yusuf P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.