Peringati Hari Dharma Samudera, TNI AL Bersih Bersih di Pantai Ancol

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Taman Impian Jaya Ancol bekerjasama dengan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (AL) (Pushidrosal) serta Dinas Potensi Maritim (Ditpotmar) menggelar kegiatan ‘Bersih Pantai’ di Pantai Lagoon, Ancol Jakarta, Selasa (22/01/2019).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2019 yang jatuh setiap tanggal 15 Januari, untuk mengenang arwah para pahlawan laut yang telah gugur dalam peristiwa pertempuran – pertempuran laut dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Muat Lebih

Menurut Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., kegiatan Bersih Pantai ini selain digelar dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera, juga merupakan wujud kepedulian Ancol, Pushidrosal dan beberapa institusi lain terhadap kebersihan, keindahan, dan kenyamanan pantai sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan laut.

Kegiatan tersebut dibuka dengan upacara pembukaan, bertindak selaku Inspektur Upacara Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro  dan yang hadiri diantaranya Direktur Utama Ancol C. Paul Tehusijarana dan mitra sponsor lainnya.

“Kegiatan Bersih pantai di Ancol melibatkan kurang lebih 500 orang, yang terdiri dari berbagai elmen gabungan dari Pemuda – Pemudi Mahasiswa, Pramuka Saka Bahari, Perwakilan Paguyuban Pemuda – Pemudi Maritim Indonesia, Karyawan Ancol dan Masyarakat sekitar, serta Pushidrosal yang mengerahkan sekitar 200 prajuritnya,” ujar Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.

Fokus kegiatan ini tidak hanya pada sampah yang berada di daerah sepanjang pantai saja, namun juga sampah yang berada di perairan dan dasar laut.

Sekitar 10 orang penyelam dari Pushidros AL dan Tim Konservasi Ancol yang bahu membahu menyisir di perairan Jakarta Utara. Hal ini sebagai wujud komitmen dalam membantu pelestarian biota yang terdapat di dalam ekosistem perairan teluk Jakarta.

“Ancol Taman Impian sebagai pengelola kawasan pantai selama ini turut menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungannya agar masyarakat tetap merasakan wisata bahari yang nyaman dan berkualitas. Secara rutin,” ujarnya.

Manajemen Ancol C. Paul Tehudijaratan mengatakan, Taman Impian melakukan kegiatan Bersih Tertib Nyaman (Berteman) yang dilakukan tim operasional Ancol. Namun demikian, upaya edukasi terhadap pengunjungnya terus dilakukan agar sama – sama menjaga kawasan pantai.

“Misi ini sejalan dengan Ancol yang ingin turut serta mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pesisir, dengan karena itu kami dukung penuh kegiatan ini” pungkas C. Paul Tehusijarana, selaku Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol. (Muklis)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *