Polda Lampung Bentuk Satgas Penyaluran Bantuan PKH

by -86 views
Kepala Dinas Sosial Sumarju Saeni (kiri) didampingi Kabidhumas Polda Lampung Kombes Pol Sulistiyaningsih

MITRAPOL Com, Lampung – Polda Lampung membentuk satuan tugas (Satgas) untuk mengawasi  penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan  (PKH)  bersyarat kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Wakapolda Lampung  selaku Kasatgas Prov Lampung mengawasi penyaluran bantuan.

Bantuan dari Dinas Sosial  Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia telah melaksanakan PKH.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCTF).

Kepala Dinas Sosial Sumarju Saeni didampingi Kabidhumas Polda Lampung Kombes Pol Sulistiyaningsih menjelaskan bantuan ini sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat,

“PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkanberbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya,” ujar Sumarju di ruang Vicom Polda Lampung, pada Selasa (22/01/2019).

Melalui PKH, KPM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan.

PKH diarahkan untuk menjadi tulang punggung penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional. (*)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *