Pemkot Gunungsitoli Gelar Rapat Penyelesaian Masalah Pilkades Dua Desa

  • Whatsapp

MITRAPOL.COM, Gunungsitoli – Pemerintahan Kota (Pemkot) Gunungsitoli gelar rapat tentang penyelesaian masalah penundaan Pilkades Hilimbowo Olora dan Desa Lasara Sowu di ruang rapat lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Rabu (30/01/2019).

Rapat tersebut dipimpin oleh Wali Kota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, dan dihadiri Wakil Wali Kota Sowa’a Laoli, Sekda Kota Ir. Agustinus Zega,  Kadis PMD/K Inspektur, Kabag Hukum Setda Gunungsitoli Peniel Harefa.

Muat Lebih

Selain itu juga dihadiri Camat Gunungsitoli Utara Moimotani Zega, Pj. Kepala Desa Lasara Sowu, D. Ziliwu, S. IP Sekcam, Pj. Kades Hilimbowo Olora Berkad Selamat Harefa, SE, Ketua dan Anggota BPD Lasara Sowu dan Hilimbowo Olora, Ketua dan Panitia Pilkades Hilimbowo Olora dan Lasara Sowu serta sejumlah hadirin lainnya.

Rapat tersebut dilaksanakan atas petunjuk Wali Kota Gunungsitoli melalui surat yang ditandatangani Kadis PMD/K Peniel Harefa, S. Sos tanggal 29 Januari 2019 Nomor : 141/178/PMDK/2019.

Pada kesempatan tersebut kedua Desa baik BPD dan Panitia Pilkades memohon kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli agar pelaksanaan Pilkades dapat dipastikan kapan waktu yang disepakati agar kegiatan dalam desa dapat berjalan sebagaimana aturan yang diharapkan.

Lakhomizaro Zebua dalam paparannya menampung masukan dan usul dari kedua desa, kemudian terkait persoalan masing-masing seperti di Desa Lasara Sowu memerintahkan Inspektorat untuk segera mengaudit terkait daftar aset desa maupun SPJ dari Kades lama yang ingin menjadi calon lagi.

“Saya tunggu hasil audit paling lama satu minggu terhitung mulai sekarang,” kata Lakhomizaro Zebua.

Lebih lanjut Zebua menuturkan terkait masalah di Desa Hilimbowo Olora Pemerintahan Kota Gunungsitoli akan segera mengambil keputusan.

“Kami segera mengambil keputusan menunggu hasil laporan dan keputusan dari Pj. Kades bersama BPD dan seluruh panitia Pilkades termasuk Calon yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Gunungsitoli  Sowa’a Laoli, SE., MM mengingatkan agar pertemuan ini dapat membuahkan hasil dan keputusan tanpa kembali kebelakang lagi,

“Untuk itu kalau sudah ada hasil laporan dan kesimpulan serta kesepakatan pihak desa melalui Pj. Kades, BPD, panitia maka selanjutnya kita akan menentukan kapan hari “H” pemungutan suara kedua desa yang tertunda,” tandasnya. (TonazaroH)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *