Ombudsman RI Perwakilan Sumsel Tanggapi Soal Dugaan Pungli Oknum Lurah di Ogan Ilir

by -70 views
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M. Adrian Agustiansyah (kiri)

MITRAPOL.com, Sumsel  – Belum lama ini, sebuah video viral di media sosial terkait dugaan pungli (pungutan liar) yang dilakukan oleh Oknum lurah di Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir.

Dalam gambar video yang viral di media sosial tersebut, Oknum lurah di Ogan Ilir, diduga kuat melakukan praktek pungli terhadap warga yang hendak memperoleh pelayanan administrasi usaha.

Tampak seorang warga sedang berdebat dengan Oknum lurah terkait kepengurusan administrasi usaha yang diminta biaya senilai Rp 50 ribu.

Akan tetapi, warga tersebut merasa keberatan karena gaji yang diterima oleh Lurah setiap bulannya lebih dari itu.

“Surat pengantarnya sudah ada, sekarang saya minta administrasinya,” ujar Oknum lurah tersebut.

Video yang masih ramai dibicarakan masyarakat tersebut, membuat Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan angkat bicara.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M. Adrian Agustiansyah, saat ditemui di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Kamis (31/01/2019), mengatakan bahwa hal ini salah satu dari kebanyakan cerminan dari apa yang terjadi di lapangan.

“Dengan kejadian ini merupakan cambuk bagi pemerintah daerah bersangkutan untuk melakukan pembenahan langsung ke kantor-kantor kelurahan, bahwa harus secepatnya disiapkan standar operasional, bagaimana pelayanan publik di setiap kantor kelurahan,” kata Adrian.

Adrian juga menambahkan, setiap tahun Ombudsman RI Perwakilan Sumsel melakukan uji kepatuhan Pemkab terhadap UU Pelayanan Publik.

“Memang, Kabupaten Ogan Ilir belum masuk di dalam daftar Kabupaten yang dinilai oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumsel. Mudah-mudahan di tahun 2019 ini, akan kami ikut sertakan untuk dinilai kepatuhan mereka terhadap pelayanan publik, memenuhi standar minimal pelayanan di UU Pelayanan Publik,” tambah Adrian.

Masih kata dia, untuk Oknum lurah yang diduga melakukan pungli tersebut, dalam waktu dekat akan dipanggil oleh pihak Ombudsman RI Perwakilan Sumsel untuk diminta klarifikasi terkait dugaan pungli dalam video yang tersebar di media sosial.

“Dalam waktu dekat, pihak kami akan memanggil Oknum Lurah tersebut. Untuk diminta klarifikasinya terkait dugaan pungli yang viral di media social,” pungkasnya. (Adri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *