Wisata ke Garut, Jangan Lupa Mampir ke Kebun Durian di Kampung Kuyamut

  • Whatsapp
Ilustrasi kebun durian

MITRAPOL.com, Garut – Sejumlah wisatawan menikmati kawasan wisata kebun durian di Kampung Kuyamut, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang memiliki daya tarik memetik langsung buah durian dari pohonnya dengan harga jual lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

“Saya baru tahu ada kebun durian di Garut, kualitasnya (durian) bagus,” kata Heri Faisal seorang wisatawan lokal penikmat durian saat mengunjungi wisata kebun durian di Kampung Kuyamut, Desa Tanjung Kamuning, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut, Selasa (05/02/2019).

Muat Lebih

Ia menuturkan, durian merupakan buah favorit yang selama ini selalu dicari hingga ke luar kota, seperti ke kawasan Bandung, termasuk mencari buah durian yang dipanen di Garut.

Heri menyampaikan, buah durian yang ditawarkan langsung oleh petani tersebut memiliki rasa yang lebih enak dan segar dibandingkan dengan durian di daerah lain.

“Saya biasa membeli durian ke luar kota, kualitasnya sama baiknya, bahkan ini lebih baik dari daerah lain, lebih segar karena dipetik langsung dari pohonnya,” katanya seperti dikutip dari laman berita Antara.

Pengunjung kebun durian lainnya asal Bandung, Iwan Cahyadi mengatakan, sengaja mampir ke kebun durian untuk menikmati langsung buah durian segar yang baru dipanen dari pohonnya.

Menurut dia, wisata kebun durian memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta buah durian karena dapat memetik langsung durian dengan mudah.

“Rasanya sangat enak, beda dengan durian yang biasa dijual di tempat lain,” kata Iwan yang datang bersama rekan-rekannya dari Kepolisian Resor Bandung.

Seorang pengelola kebun sekaligus penjual di kebun durian, Adrian mengatakan, jenis durian yang dijual saat ini merupakan durian lokal, ada juga beberapa jenis lainnya seperti montong.

Durian tersebut, kata dia, biasa dijual mulai dari ukuran terkecil pada kisaran Rp40 ribu, dan yang ukuran besar dihargai Rp80 ribu, lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

“Harganya beda-beda, ada yang Rp40 ribu, Rp60 ribu ada juga yang Rp80 ribu, tergantung ukurannya,” kata Adrian saat melayani pengunjung yang hendak menikmati buah durian.

Sementara itu, kebun durian dapat ditempuh dengan mudah dari Jalan Raya Bandung-Garut atau Jalan Anwar Musadaddiyah, kemudian memasuki jalan kampung yang dapat dilintasi kendaraan roda empat.

Sepanjang jalan Kampung Kuyamut, pengunjung sudah dapat melihat pemandangan kebun pohon durian dengan tinggi sekitar 2 meter, berikut tampak beberapa buah durian yang siap dipetik. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *