Kantor Staf Presiden Gelar Diskusi Bahas Lingkungan, Undang Menteri dan Sosiolog

by -42 views
Kantor Staf Presiden (KSP) gelar diskusi khusus bertajuk "Langkah Berani Pulihkan Lingkungan"

MITRAPOL.com, Jakarta – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (purn) Moeldoko mengadakan diskusi khusus untuk para awak media dengan bertajuk “Langkah Berani Pulihkan Lingkungan” di Ruang serbaguna KSP, Gedung Binagraha, Jakarta, Selasa (12/02/2019).

“Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk menjawab serta klarifikasi pemerintahan Jokowi-JK tentang masalah lingkungan secara keseluruhan,” ujar Moeldoko mengawali pembukaan acara diskusi itu.

Lebih lanjut Moeldoko menjelaskan bahwa diskusi ini juga mengundang langsung menteri terkait.

“Agar bangsa Indonesia juga lebih cinta pada pemberitaan yang benar, tidak bersifat Hoaks, untuk itu saya undang langsung Menteri menteri yang berkaitan langsung dengan lingkungan” katanya.

Sebagai narasumber pertama dari Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya.

“Alhamdulillah, angka rasio tingkat pembakaran hutan yang biasa dilakukan oleh pembuka lahan baru, yang biasanya berdampak pada kabut asap di wilayah kepulauan Riau, Jambi atau Pulau Sumatera pada umumnya, turun drastis daripada tahun tahun sebelumnya, ini hasil dari berbagai penyuluhan yang kami adakan untuk meningkatkan kesadaran manusianya, untuk tidak membakar lahan lama yang tidak berfungsi maksimal, dengan membakar buat dijadikan lahan baru yang amat sangat merugikan banyak pihak akan dampak kabut asapnya,” kata Siti Nurbaya.

“Bukan hanya dampak bahaya sakit saluran pernafasan bagi warga sekitar, juga merugikan ekosistem yang berjalan dikawasan tersebut,” lanjutnya.

“Tidak lupa, kami juga menambah posko posko satgas Jagawana, guna mengawasi penyalahgunaan lahan, agar tidak dibakar secara eksploitasi besar besaran” tutupnya.

Sementara Sosiolog Imam Prasojo yang diundang pada diskusi itu, melontarkan pertanyaan pada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang booming mendapat predikat Menteri Penenggelaman Kapal Asing itu mengenai materi pengelolaan lingkungan laut.

“Sama seperti Bu menteri KLH, didalam kementerian saya juga, melakukan kegiatan pemeliharaan ekosistem biota laut, serta selalu bersosialisasi tentang dampak sampah plastik yang mencemari segala macam ekosistem yang ada di dasar laut,” ujar Menteri Susi.

Banyak hal yang dibahas pada diskusi yang berlangsung hingga sore hari itu. Acara diskusi yang diundang oleh pihak KSP ini, diikuti hampir 100 media ternama, termasuk Mitrapol yang juga ikut hadir. (D’Karta)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *