Pemkab Mimika Anggarkan Rp35 Miliar untuk Penyelenggaraan Pemilu 2019

oleh -41 views
Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Pappi Malisa

MITRAPOL.com, Timika – Kurang lebih dua bulan lagi, pesta demokrasi Pemilu 2019 bakal digelar pada pertengahan April 2019.

Terlepas dari waktu pelaksanaannya, pihak penyelenggara baik KPU, Bawaslu maupun pihak Keamanan dituntut berintegritas didalam menjaga independensi agar suksesnya pelaksanaan Demokrasi Akbar tersebut, namun bagaimanapun didalam mensukseskan Demokrasi Akbar ini tak dipungkiri lagi bahwa perlu pembiayaan yang layak untuk menjamin pihak pelaksana yang independen dan Integritas.

Seperti halnya di Kabupaten Mimika, Papua, diketahui Kabupaten Mimika Memiliki jumlah pemilih berdasarkan hasil pleno perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari KPUD Mimika Mencapai 231.263 Pemilih dan memiliki 911 TPS yang tersebar di 18 Distrik Kabupaten Mimika.

Untuk diketahui juga anggaran/biaya dalam pelaksanaan Pemilihan Pilpres dan Pileg serta Pemilihan DPD di Kabupaten Mimika yang diperuntukkan bagi pihak penyelenggara yakni KPUD, Panwas dan Keamanan menghabiskan belasan miliar rupiah dari Pemerintah Daerah Mimika.

Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika dalam menghadapi Pilpres dan Pileg ini telah menganggarkan sebesar Rp.35 miliar.

Hal ini diungkap langsung oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Mimika, Marten Pappi Malisa kepada Mitrapol di ruang kerjanya, Selasa (12/02/2019).

“Biaya Penyelenggaraan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Mimika saat kita sudah anggarkan di DPA sebesar 35Miliar rupiah dibagi ke KPUD, Panwaslu dan Keamanan” beber Martin

Namun lanjutnya Kita akan sesuaikan dengan anggaran dari Pusat terhadap Kegiatan Pileg dan Pilpres ini, berapa biaya yang ditanggung oleh Pusat kami hanya menambahkan saja pos-post mana yang belum terisi sehingga tidak tumpang tindih, kita akan rasionalkan saja supaya pertanggung jawaban nantinya jelas. Ujarnya.

Dirinya juga mengatakan untuk pencarian kapanpun bisa (sesuai pengajuan dari pihak terkait) namun harus dibuatkan naskah perjanjian hibah antara Pemerintah Daerah, KPUD, Panwas dan Keamanan yang ditanda tangani oleh Bupati Mimika.

“Karena hibah ini kan dari Bupati,” pungkasnya.

Diketahui Anggaran Pemilu Pilpres dan Pileg 2019 yang dianggarkan Pemda Mimika sebesar Rp. 35 Miliar terdiri dari KPUD Mimika sebesar 25 Miliar Rupiah, Panwaslu Mimika, 10 Miliar Rupiah dan Pihak Keamanan sebesar 6 Miliar Rupiah. (AQM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *