Polisi Pastikan Tas Misterius di Pasar Sampang Bukan Bom

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto

MITRAPOL.com, Cilacap – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Cilacap AKBP Djoko Julianto memastikan tas misterus berisi benda mencurigakan yang ditemukan di Pasar Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bukan bom.

“Tadi pagi kami mengamankan barang dan kita lakukan pengecekan, telah kita lakukan koordinasi dengan pihak Gegana rupanya itu bukan barang yang membahayakan,” katanya kepada wartawan di Cilacap, Selasa (19/02/2019) siang.

Bacaan Lainnya

Setelah dilakukan pemusnahan (disposal) oleh Gegana tas tersebut hanya berisi pasir dan pakaian.

Kendati demikian, dia mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kelompok yang meletakkan barang tersebut di Pasar Sampang.

“Yang pasti itu bukan bom. Tadi dilakukan pemusnahan, isinya hanya pasir dengan beberapa pakaian yang ada dalam kotak tersebut,” tegasnya.

Disinggung tentang kabel yang ada di antara benda tersebut, ia mengatakan, dari hasil pengecekan, kabel-kabel tersebut berada di luar dan tidak ada rangkaiannya.

Terkait dengan hal itu, Kapolres mengimbau masyarakat Kabupaten Cilacap agar tidak panik dan tidak perlu takut.

“Kita bersama-sama menjaga situasi ini. Kalau ada sekecil apapun informasi, silakan sampaikan, kami TNI-Polri, pemerintah daerah, siap untuk menjaga semuanya, bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman serta kondusif di Kabupaten Cilacap,” katanya sepetti diberitakan Antara.

Seblumnya diberitakan, sebuah tas berisi benda mencurigakan ditemukan di depan salah kios Pasar Sampang yang digunakan untuk Teras BRI.

Tas tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang kuli panggul bernama Karno pada Selasa (19/02/2019), pukul 06:30 WIB.

Oleh karena berat dan mencurigakan, Karno melaporkan benda tersebut ke petugas Satpam Pasar Sampang yang dilanjutkan dengan laporkan ke Polsek Sampang.

Petugas Polsek Sampang yang tiba di Pasar Sampang segera mengamankan lokasi sambil menunggu tim dari Polres Cilacap dan Gegana.

Tim Gegana yang tiba di Pasar Sampang segera mengecek benda mencurigakan tersebut dan dilanjutkan dengan proses disposal (pemusnahan) sehingga sempat terdengar satu kali ledakan.

Benda-benda mencurigakan yang telah dimusnahkan tersebut selanjutnya dibawa ke Markas Polres Cilacap.

Kepala Pasar Sampang Susilo menduga benda mencurigakan tersebut tergeletak di tempat itu sejak pukul 01:00 WIB. Hal itu diketahui berdasarkan rekaman dari kamera pengintai (CCTV) yang menunjukkan adanya dua pengendara sepeda motor yang datang dengan membawa tas tersebut sekitar pukul 01:00 WIB. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.