Jumlah Wisatawan ke Bitung Meningkat, Dinas PU Diminta Benahi Jalan Rusak

Kondisi jalan yang rusak dikeluhkan warga.

MITRAPOL.com, Bitung – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat. Begitu juga yang dialami Kota bitung.

Semakin banyaknya jumlah kedatangan turis asing, otomatis menaikan jumlah tingkat hunian kamar di sejumlah Resort di Kota Bitung lebih khusus Resort di Kecamatan Aertembaga.

Bacaan Lainnya

Namun sayang, peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan pembenahan infrastruktur seperti masih banyaknya jalan yang rusak di Kota Bitung.

Salah satunya akses jalan menujuh ke sejumlah Resort di kelurahan Makawiidey Kasuari dan Tandurusa di tanggapi warga Aertembaga Julius Hengkengbala.

Jika Kunjungan wisman jadi prioritas Dinas Pariwisata Kota Bitung, maka Dinas Pekerjaan umum harus membenahi dulu ruas jalan berlubang dan rusak seperti di sepanjang jalan kelurahan Aertembaha dua yang rusak parah. Kondisi ini tentu saja dikeluhkan masyarakat.

“Banyak terjadi kecelakaan mestinya sementara bagian berlubang besar di tutupi sirtu dulu dari pada menunggu proyek berbulan bulan, kasihan warga terutama tukang ojek yang membawa penumpang. Perlu segara diperbaiki agar tak ada yang korban lagi,” ujar Julius yang juga Ketua DPD JPKP Kota Bitung di temui di Kantor Pengadilan Negeri Bitung, Jumat (22/02/2019).

Kata dia, ruas jalan itu di kerjakan terakhir desember 2015 hingga kini belum dianggarkan kembali akibat kualitas jalan banyak berlubang dan rusak.

Tak hanya itu, keluhanpun muncul mulai dari penendara sepeda motor dan mobil serta Usaha Wisata di kelurahan Makawidey

“Kalau ada penumpang grab car yang pesan ke arah Makawidey saya sudah tidak kam melyani lagi..karna jalanya rusak parah di aertembaga seharusnya di benahi padahal kami bayar pajak kendaraan rutin tiap tahun,” cetus Glen salah seorang driver online usai mengantar tamu asing ke Sebuah Resort di Makawidey.

Hal senada diutarakan sopir sebuah Resort beberapa kali menerima curhat tamu Turis terkait kondisi jalan yang tidak nyaman lagi di lalui.

“Jalan rusak jalan dan gelap tak ada penerangan memadai mulai Alfamart Aertembaga II sampai Tandurusa sering di komplain,” ujar salah satu driver sebuah Resort asal Tandurusa tak mau di sebut identitasnya.

Kepala Dinas PU Kota Bitung, Rudy Tenoch MT ditanyakan terkait jalan akses warga dan akses pariwisata mengatakan sudah ada anggaran pekerjaannya.

“Tahun ini dikerjakan, sudah ditata pada APBD 2019 itu sudah jelas” kata Tenoch belum lama ini. (Serdi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.