Pengadilan Negeri Metro Tandatangani Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

by -71 views
Kepala PN Metro berfoto bersama Forkofimda dalam acara penandatanganan pencanangan zona integritas wilayah bebas korupsi di Pengadilan Negeri kelas IB Metro Lampung, Senin (25/02/2019). (Foto: Muktaridi)

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Pengadilan Negeri Metro Lampung Kelas I B melakukan penandatanganan pencanangan integritas di Aula sidang Pengadilan Negeri setempat, Senin (25/02/2019).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Metro, Ketua pengadilan Negeri Metro, Ketua Pengadilan Negeri Lampung Tengah, Ketua Pengadilan Negeri Lampung Timur, Ketua DPRD Metro, Wakapolres Metro, Dandim 0411/LT, Kepala Kejaksaan Metro, Granat Metro, Ketua AWPI Metro serta seluruh ASN pengadilan Metro Lampung.

Ketua Pengadilan Negeri Kelas I Metro Lampung Ahmad Sumardi,SH,M.Hum mengatakan sangat mengapresiasi atas kehadiran Walikota Metro serta Komitmen bersama Forkofimda Metro serta organisasi masyarakat maupun wartawan didalam mencanangkan zona integritas wilayah bebas korupsi.

“Kita sebagai pejabat dimasing bidang seharusnya melayani masyarakat bukan dilayani, oleh sebab itu pengertian zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah satuan kerja yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen mewujudkan WBK (wilayah bebas korupsi), sementara WBBM (wilayah birokrasi bersih dan melayani ) satuan kerja harus dilandasi yang memenuhi sebagian besar perubahan, yakni Penataan tatalaksana, Penataan sistem SDM, Penguatan pengawasan, Penguatan akuntabilitas kinerja, Penguatan pelayanan publik,” paparnya.

Sebagai dasar hukum hal tersebut seluruh UUD yang mendasari tentang korupsi,kolusi dan nepotisme serta. Peraturan Menteri (permen) tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan bersih lingkungan instansi pemerintahan.

Serta SK dari Mahkamah Agung tentang pelaksanaan reformasi birokrasi dan surat dirjen tentang pembangunan zona Secara historis pencanangan zona integritas pada seluruh pengadilan di lingkungan peradilan umum.

“Sebenarnya pengadilan negeri Metro dimulai sejak tanggal 02 Agustus 2016 yang lalu,Sementara pencanangan kali ini secara implikasi berbeda pada tahun 2016 tersebut,hal tersebut secara sinergitas adanya penyerapan reformasi birokrasi dan melihat pencapaian Nilai input /pengungkit dan Nilai output yaitu nilai hasilnya,” jelasnya.

Oleh karena itu secara konsepsi zona integritas nilai input pengadilan negeri kelas IB Metro,yang dalam sejarahnya adalah tim pembangunan zona integritas sebagai upaya percepatan pembangunan integritas di lingkungan pengadilan negeri Metro kelas IB.

Lanjutnya, sebab itu itu diperlukan dukungan dari seluruh unit kerja dilingkungan peradilan untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi serta wilayah birokrasi bersih dan melayani sebagai pengungkit atau alat untuk menjamin terciptanya integritas di wilayah kerja masing masing dan mengevaluasi setiap bulannya.

“Sebagai indikator tingkat keberhasilan zona integritas dan pelayanan pengadilan negeri kota Metro yang semuanya akan dinilai masyarakat pencari keadilan yang datang ke pengadilan Metro Lampung,” jelasnya.


Kepala Humas Pengadilan Negeri Metro Beny Arisandy,SH.,MH

Sementara itu, Kepala Humas Pengadilan Negeri Metro Beny Arisandy,SH.,MH selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan kepada Mitrapol, ada 6 area di zona integritas ini dan akan berjalan dan ada monitor kemudian dievaluasi muaranya adalah survei kepuasan masyarakat,bahkan pelayanan sudah baik dan berjalan di Pengadilan Negeri Metro ini.

“Alhamdulillah acara berjalan sukses, tentu kedepan akan ada follow up nya setelah ada pencanangan kita juga ada rencana kerja dan rencana aksi dari setiap area area zona integritas yang sudah ada dari pedoman Mahkamah Agung, tentu harus ada eviden dan ada tindak lanjut. Sebagai ukurannya adalah di indeks kepuasan masyarakat dan akan menilai. Mengingat pencanangan ini tidak setiap tahun akan tetapi kita ada program kerja,” paparnya.
(Muktaridi)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *