Wujudkan Pemilu Kondusif, KPU Butur Gelar Rakor Antar Instansi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Buton Utara – Mewujudkan Pemilu serentak 17 april 2019 mendatang dengan sukses dan kondusif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar rapat koordinasi (Rakor) akhir pekan kemarin.

Kegiatan ini diikuti beberapa instan terkait seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pihak TNI, Kepolisian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), serta elemen masyarakat setempat lainnya.

Ketua KPU Butur Hasruddin. SE menyampaikan pihak keamanan yakni TNI/polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) harus fokus pada pengamanan saat pendistribusian logistik ke kecamatan, desa /kelurahan sampai ditempat pemungutan suara (TPS)

“Untuk pengamatan di kantor KPU agar pihak kepolisian menjaga logistik pemilu sesuai SOP dari polri,” kata Hasruddin.

Terkhusus untuk satpol PP, katanya agar dapat memberikan data-data petugas Linmas dimasing-masing desa/kelurahan di Butur terkait pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)

“Kami secepatnya akan bersurat secara resmi untuk meminta data nama-nama petugas Linmas sebelum terbentuk nya KPPS di TPS”, ujarnya

Ditempat yqng sama, Kordiv Program dan data KPU Butur, LM Miswar Adi Putra menekankan agar Disdukcapil dapat melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) disemua kecamatan sebelum 17 april 2019. Hal itu dilakukan, agar masyarakat khususnya pemilih pemula memiliki e-KTP untuk didata menjadi Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Selain itu, tambah Miswar, Disdukcapil Butur juga harus menyediakan blanko e-KTP untuk menjaga kemungkinan masyarakat yang belum terdaftar di DPT, dapat mengurus e-KTP sebagai syarat untuk masuk dalam DPK dan mencoblos di 17 april 2019.

Saya harap Disdukcapil bisa bekerjasama untuk memberikan data masyarakat Butur yang pindah keluar dan masuk wilayah Butur setelah penetapan DPTHP kabupaten Buton Utara tanggal 10 Desember 2018. Tujuannya agar KPU bisa mendeteksi potensi DPTB atau pindah memilih di Buton Utara”, harapnya.

 

David Wiridin

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *