Ribuan Peserta Hadiri Millenial Road Safety Festival Polres Tobasamosir

  • Whatsapp
Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo dan Wakil Bupati, Hulman Sitorus saat melepaskan balon Millennial Road Safety Festival 2019, Minggu (3/3/2019).

MITRAPOL.com, Tobasa – Guna mewujutkan millenial cinta lalu lintas menuju indonesia gemilang, Kepolisian Resort Tobasamosir melakukan kegiatan Millenial Road Safety Festival di halaman mako Polres Tobasamosir, Minggu pagi (03/02).

Kegiatan dimulai pukul 07.00 Wib dibuka oleh Kapolres Tobasamosir AKBP. Agus Waluyo Sik didampingi oleh ibu ketua Bhayangkari cabang Polres Tobasa Rissa Agus Waluyo, diawali dengan pelepasan peserta gerak jalan santai sejauh 3 km diikuti 2000 an peserta yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemkab Tobasamosir, para pelajar, mahasiswa dan masyarakat serta Bhayangkari Polres Tobasa.

Usai melakukan gerak jalan santai, Kapolres Tobasa AKBP.Agus waluyo Sik, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Tobasa, Waka Polres Kompol Arifin Siagian, Kasat Lantas AKP. Lambok Gultom, Wakil Bupati Hulman Sitorus, Plt. Sekda Harapan Napitupulu, Danki A Balige Yonif 125 Simbisa Lettu. Inf. Samson R Marbun, para Camat se-Tobasa, para Perwira dan Bintara Polres Tobasa mengikuti acara senam massal.

Acara dilanjutakan pelepasan balon ke udara, pemberian helm standar SNI kepada perwakilan Pers, OKP, TNI, Polri, PNS, pelajar/mahasiswa dan masyarakat.

Ketua pelaksana kegiatan, AKP Lambok gultom SH yang menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Tobasa dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kesadaran tertib berkendaraan dan berlalu lintas juga untuk menekan angka korban kecelakaan berlalu lintas, yang mana untuk wilayah Tobasa berkisar 10 orang tiap bulan menjadikorban kecelakaan berlalulintas, sekaligus memperdayakan budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kwalitas berkenderaan, mempererat hubungan yang baik bagi kaum millenial komunitas pengendara kendaraan di Tobasamosir.

Saut Napitupulu dari komunitas korban laka lantas menyampaikan, berdasarkan data Korps lalu lintas Polri, data tahun 2014-2018 jumlah Kecelakaan lalu lintas yang menimpa kaum millenial mencapai 18.000 jiwa, yang menjadi korban rata-rata umur 16-35 tahun.

Hal ini disebabkan karena tingginya kecepatan berkendaraan, kurang cakapnya kaum millenial dalam berkendaraan serta kecanggihan tehnologi juga menjadi salah satu faktor penyebab, banyak anak muda berkenderaan sambil bertelepon dan mendengarkan musik melalui alat bantu pendengaran yang tentunya ini dapat mempengaruhi konsenterasi pengendara,

Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo. Sik didampingi Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian dan Kasat Lantas AKP Lambok Gultom saat melakukan pemotong knalpot racing yang tidak sesuai standar kendaraan.

Kapolres Tobasamosir dalam sambutanya mengatakan, permasalahan lalu lintas di wilayah Tobasa saat ini sangat rumit dan kompleks, dimana kesadaran tertib berlalulintas masyarakat kita sangat rendah dan jumlah kenderaan setiap hari bertambah.

Dari data laka lantas Polres Tobasa Tahun 2018, ada 88 kasus, yang mana 60 kasus laka lantas melibatkan kaum millenial dengan korban meninggal dunia sebanyak 24 orang, 27 orang luka berat dan sebanyak 75 orang luka ringan.

Ditambahkan Kapolres, secara kasat mata, kesadaran tertib berlalu lintas di Tobasa khususnya di kota Balige dan Porsea masih rendah, hal ini terlihat dari bebera contoh seperti pembiaran orang tua terhadap para pelajar, anak dibawah umur dalam berkendaraan yang belum memiliki Sim C, berboncengan yang melebihi batas keharusan (bonceng tiga) dan tidak menggunakan helm, parkir sembarangan, membawa penumpang pada bak terbuka serta membawa pelajar diatas Kap kendaraan.

Untuk itulah Polres Tobasa selalu gencar melakukan penyuluhan terhadap para pelajar di sekolah-sekolah, masyarakat, para pengendara kendaraan roda dua dan supir agar benar-benar bisa memahami betapa pentingnya kesadaran disiplin berlalu lintas dan berkendaraan, karena permasalahan lalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama.Pungkas Kapolres Tobasa.

Acara yang dimulai dari pagi hingga sore hari tersebut disuguhi dengan hiburan artis lokal dan Ibu Kota serta ratusan hadiah lucky draw yang cukup menarik seperti mesin cuci, kulkas, TV, helm, dispenser dan 3 unit sepeda motor sebagai hadiah utama.

 

Abdi S

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *