Antisipasi DBD, UPT Puskesmas Tandang Buhit Balige Lakukan Fogging

  • Whatsapp
Petugas operator dari puskesmas tandang buhit balige saat melakukan fogging (pengasapan) di beberapa titik

MITRAPOL.com, Tobasa – Dinas Kesehatan Kabupaten Tobasamosir melalui UPT Puskesmas Tandang Buhit Balige melakukan fogging atau pengasapan di sejumlah titik pada Selasa (05/03/2019).

Fogging ini dilakukan sebagai antisipasi merebaknya wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aides Aegypti.

Bacaan Lainnya

Pengasapan dimulai dari simpang terminal mini Pasar Balige, seputaran asrama dan kantor PM balige hingga Jalan Lumban Dolok 3 Balige.

Dua orang petugas operator fogging tampak sigap melakukan pengasapan dan dibantu 4 orang petugas lainnya memberikan sosialisasi dan mengarahkan masyarakat pemilik rumah untuk menggunakan masker yg sudah dibagikan dan membuka kaca jendela dan pintu rumah agar petugas fogging dapat bekerja maksimal melakukan pengasapan.

Kepala UPT Puskesmas Tandang Buhit Balige dr. Fredy Sibarani saat dikonfirmasi mengatakan, apa yang saat ini dilakukan mereka guna mengantisipasi dan menekan penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kecamatan Balige.

Disamping melakukan fogging secara berkala guna menekan perkembangbiakan nyamuk dewasa, pihaknya juga rutin melakukan penyuluhan kesehatan kepada warga masyarakat agar dapat mengikuti pola hidup sehat.

“Di samping mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolah raga, juga dengan membersihkan diri, rumah, pekarangan rumah, membiasakan membuang sampah pada tempatnya, menutup tempat tempat atau wadah tempat menampungan air, mengubur atau memusnahkan atau membuang sampah botol kaca, plastik yang dapat menjadikan bersarangnya nyamuk dan membersihkan saluran parit,” jelasnya.

Kepada masyarakat juga dr. Fredy Sibarani mengimbau bila ada keluarga atau warga yang mengalami deman lebih dari 4 hari agar segera memeriksakan dirinya ke dokter atau datang berobat ke puskesmas.

“Segera diperiksa darahnya untuk mengetahui apakah ditemukan positif DBD,” ujarnya. (Abdi.S)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *