Lestarikan Nilai Sejarah di Museum Polri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Dengan tujuan melestarikan nilai-nilai sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan mewariskannya pada generasi mendatang, Jenderal Polisi (Purn) Bambang Hendarso Danuri menginisiatif dan mencetuskan dibuatnya Museum Polri.

Museum Polri adalah museum yang memperlihatkan perjalanan panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada masyarakat, didalam tugasnya sebagai pelindung serta penjaga ketertiban di dalam masyarakat, dan juga sebagai kekuatan perang dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kepolisian Negara Republik Indonesia terbentuk dari perjalanan sejarah yang panjang dari masa ke masa, mulai dari masa penjajahan kolonial dan perjuangan kemerdekaan Indonesia sampai sekarang.

Diawal kelahirannya Polri tidak saja harus menjalankan tugas pemolisian sebagai pelindung dan penjaga ketertiban masyarakat tetapi juga mendapat tugas sebagai kekuatan perang dalam perjuangan bersenjata mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Dalam perjalanan sejarah lndonesia Polri turut berperan menumpas berbagai pemberontakan kelompok separatis dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dimasa kepemimpinan Presiden Soekarno , Polri terlibat operasi Tempur seperti operasi Trikora dan Dwikora.

Di masa kepemimpinan Presiden Soeharto ( 1967-1988), Polri menjadi bagian dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dan terlibat dalam berbagai operasi militer seperti di Timor leste,Nanggroe Aceh Darusasalam, dan Papua

Pada 1998, Pergantian kekuasaan dan perubahan politik lndonesia memberikan dampak pada organisasi Polri sebagai lnstitusi Kepolisian, Polri berupaya mewujudkan diri sebagai lembaga Profesional dalam menjalanakan fungsi perlindungan dan pelayan masyarakat

Tema kesejarahan tersebut disusun dalam sebuah sudut pandang yang menyajikan tentang tema besar tentang upaya Polri dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban serta dinamika internal maupun ekseternal yang mempengaruhi sosok lembaga Polri.

Melalui Museum Polri, diharapkan tentang watak kelembagaan Polri yang semakin Profesional, Modern, dan Mandiri sesuai tuntutan perkembangan zaman.

Museum Polri beralamat di Jl. Trunojoyo No.3, RT.5/RW.2, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

 

Red

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *