Puskesmas Banjar Agung Luncurkan Program GARDUJAGA

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Banten – Untk mengantisipasi mewabahnya berbagai penyakit lingkungan termasuk penyeberan bakteri ecoli, Puskesmas Banjar Agung, Kota Serang mengembangkan inisiasi denganmeluncurkan terobosan program Gerakan Dua Ribu Rupiah Untuk Jamban Keluarga (GARDUJAGA), Jumat (08/03/2019).

GARDUJAGA merupakan program bantuan kepada keluarga yang belum memiliki jamban pribadi di rumah. Bantuam tersebut bersumber dari masyarakat sendiri dengan mendonasikan uang dua ribu rupiah setiap hari.

Di Kelurahan Banjar Agung sendiri setidaknya terdapat 3.000 lebih rumah yang jika 500 rumah diantaranya bersedia berdonasi bagi program tersebut, maka akan terkumpul dana 1 juta rupiah dalam 1 hari dan itu cukup untuk membantu 1 jamban kelurga. Itulah yang kami inisiasi melalui kekuatan modal sosial dalam mensiasati terbatasnya anggaran pembangunan daerah pada program-program yang prioritas di masyarakat, Jelas Chandra Wibowo (pelaksana sanitasi puskesmas Banjar Agung dan inisiator program).

“Dalam rentang 1 bulan program digulirkan sudah 4 rumah tangga yang dibantu jamban keluarganya, dan akan terus kami gulirkan dengan harapan di akhir tahun 2019 sudah tidak ada lagi keluarga di Banjar Agung yang tidak memiliki jamban keluarga di rumahnya,” jelas Chandra.

Dalam kesempatam pihak puskesmas juga berapresiasi atas partisipasi aktif kesadaran masyarakat dan kader-kader posyandu termasuk para pelaku usaha dalam berdonasi serta dukungan penuh para pemimpin wilayah dari Lurah Banjar Agung, Camat Cipocok Jaya, Kepala-kepala Dinas terkait hingga Kepala Daerah.

Dalam peluncuran program perdana GARDUJAGA tersebut, Wakil Walikota Serang H. Subadri Ushuluddin, SH yang juga turut berdonasi sangat mengapresiasi pelaksanaan program dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya dan mendorong replikasi program tersebut di semua puskesmas dan kelurahan sehingga Kota Serang dapat menekan bahaya penyakit yang besumber dari lingkungan termasuk bahaya wabah ecoli. (TB Asep / A4N)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *