Kapendam Cenderawasih: Tiga Prajurit TNI yang Gugur di Nduga Naik Pangkat

  • Whatsapp
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/ Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi

MITRAPOL.com, Timika – Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/ Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi menyatakan Tiga prajurit TNI yang gugur saat bertugas di Nduga telah diterima oleh keluarga masing-masing dan Satuan Militer di kewilayahan telah menyambut jenazah ketiga Prajurit tersebut.

Ke-tiga prajurit yang gugur atas nama Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin dan Serda Siswanto Bayu Aji yang gugur sebagai kusuma bangsa itu juga telah dinaikkan pangkat.

Bacaan Lainnya

“Almarhum dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Sersan Anumerta,” jelas Kapendam Cendrawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi di Timika Papua, Sabtu (09/03/2019).

Seperti diketahui, penyerangan mendadak dari Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) pimpinan Egianus Kogoya, di Nduga, Papua terjadi pada Kamis (7/3) lalu dan menyebabkan tiga prajurit TNI gugur.

Aidi mengatakan, saat ini sebanyak 200-an prajurit TNI bertugas di wilayah Nduga, Papua

“Saat ini hampir seluruh kampung yang menjadi basis-basis mereka (KKSB) Pimpinan Egianus Kogoya di kabupaten Nduga telah dikuasai TNI/Polri,” katanya.

Kekuatan KKSB Pimpinan Egianus kogoya, menurut Kapendam setidaknya berjumlah 50 sampai 70 orang, dengan mayoritas membawa senjata organik sebagian membawa senjata tradisional, diperkirakan berkisar 20 senjata organik yang dimiliki KKSB.

“Dalam Sepuluh tahun terakhir beberapa kali terjadi penyerangan terhadap TNI/polri dan merampas senjata dan amunisi namun dalam kontak senjata beberapa kali sebagian pucuk senjata dan amunisi standard TNI/Polri sudah diambil kembali namun ada juga ditemukan senjata yang bukan dari TNI/POLRI, yang berarti adanya senjata yang berasal dari luar, hingga saat ini pihak TNI/Polri masih menyelidiki lebih lanjut keberadaan senjata tersebut,” pungkasnya. (AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *