Pengurus Komunitas Pemuda Kei Mimika Resmi Dilantik

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Salah satu organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Mimika, Papua yakni Komunitas Pemuda Kei (KPK).

Komunitas ini dibentuk di Timika pada tahun 2018 lalu dan telah disahkan oleh kementerian HUKUM dan HAM berdasarkan SK NO: AHU-0010799.AH.01.07. TAHUN 2018

Bacaan Lainnya

Kini kepengurusan KPK resmi dibentuk setelah secara resmi dilantik oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati Mimika Cherly Lumenta didampingi Ketua DPRD Mimika, Elminus Mom bertempat di Hotel 66 Cenderawasih, Timika Kabupaten Mimika. Papua, Sabtu, (09/03/2019).

“Kehadiran pertamakali warga asal kepulauan kei di kabupaten Mimika tercatat dalam sejarah pada tahun 1927, pada saat itu masih jaman belanda, tujuan para petuah terdahulu di mimika hanya dua misi yang dijalankan yakni, menyebarkan Agama dan Pendidikan,” ujar Petrus Yanwarin, selaku salah satu Sesepuh warga asal kepulauan Kei di Kabupaten Mimika dalam sambutannya.

Dirinya berharap generasi muda Komunitas Pemuda Kei agar selalu menjaga nama baik petuah-petuah yang telah merintis dan mengharumkan nama besar kepulauan Kei di kabupaten Mimika, Papua.

“Pemuda siap menghadapi tantangan setelah pengukuhan ini karena banyak cobaan dan rintangan pasti dihadapkan, jangan mundur dalam tantangan walaupun sedikit, harus berjalan bersama dan bekerja sama dengan stake holder lainya, baik TNI/Polri, Pemda, DPRD maupun organisasi lainya dan terutama bekerja sama dengan lembaga milik dua suku besar di timika yakni LEMASKO dan LEMASA, kedua lembaga ini harus dihargai dan diajak untuk bekerja sama,” ujar Petrus Yanwarin.

“Buktikan bahwa generasi asal kei juga bisa membangun di negeri yang juga dirintis orang tua asal Kei.¬†Sebagai salah satu tokoh atau sesepuh di Timika, ia juga mengajak kepada tokoh Kei yang ada, agar jangan pesimis kepada mereka (KPK). “Tetapi optimis dan perhatikan, dan nasehati mereka (pemuda) sebagai garda terdepan untuk memperbaiki nama Kei di Mimika,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pemuda Kei, Yosep Temorubun menegaskan Kehadiran Komunitas Pemuda Kei (KPK) semata-mata untuk menghadirkan nama baik Daerah Kei di Kabupaten Mimika.

“KPK lahir di tahun politik sehingga ada sebagian orang menganggap kami ini bagian dari masa lalu, disini saya sebagai ketua Komunitas Pemuda Kei menegaskan bahwa kami KPK selama Pemilukada, KPK Netral, jadi tidak benar kami bermain politik,” tegas Yosep.

Dirinya menambahkan, “Di sini kami juga gandeng TNI/POLRI agar menjadi penasehat bagi kami (Komunitas Pemuda Kei) yang berhubungan dengan kamtibmas, kehadiran komunitas ini untuk ikut membantu mengangkat nama baik Daerah dan Pemuda asal Kepulauan Kei,” tutupnya.

Ditempat yang sama Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto yang diwakili Kasat. Sabhara, Iptu. Matheus.T. Ate, SH mengucapakan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus organisasi Komunitas Pemuda Kei di Kabupaten Mimika, Papua.

“Selamat kepada Pemuda Kei atas dilantiknya pengurus Komunitas Pemuda Kei dan kami (kepolisian) berterimakasih atas kerjasamanya dalam hal pemberian informasi dan penyelesaian masalah kamtibmas di Mimika, setelah terbentuknya Komunitas Pemuda Kei ini kami harapkan tetap kerjasama yang selama ini sudah terbangun tetap berlajut,” ujar Iptu. Matheus.T. Ate, SH.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, diwakili oleh Staff Ahli Bupati, Cherly Lumenta juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Komunitas Pemuda Kei.

“Pemuda kei telah memiliki kepengurusan organisasi yang sah dan dapat melakukan berbagai kreatifitas maupun berbagai inofasi dalam pembangunan di Kabupaten Mimika kedepannya,” ucap Cherly Lumenta.

Mewakili pemerintah Cherly juga berharap Komunitas Pemuda Kei agar selalu bergandengan dengan stakeholder dan suku lainnya di Mimika dalam berbagai hal.

“KPK harus menjadi garda terdepan dalam menangkal bahaya narkotika, radikalisme dan bahaya pecahnya Pancasila,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pelantikan itu yakni, Ketua DPRD Mimika, Pejabat Pemerintah, Pejabat TNI/Polri, Para Ketua Kerukuan, Ketua Lembaga Masyarakat dan undangan lainnya. (AQM)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *