300 Orang Lebih Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU Mimika Beri Upah Rp. 600 Per Lembar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Papua melibatkan lebih dari 300 orang dalam penyortiran dan pelipatan surat suara pemilu 2019 sejak Sabtu, (09/03) hingga Minggu, (10/03) bertempat di kantor KPUD Mimika.

Diketahui lebih dari 300 orang yang dilibatkan akan menerima upah sesuai dengan harga upah per lembar surat suara sebesar 600 rupiah.

Ketua KPUD Mimika, Indra Ola Ebang kepada Mitrapol di sela-sela kegiatan penyortiran dan pelipatan berlangsung menyatakan,

“Dua hari ini baru dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan DPR Provinsi dan DPR-RI, dan dipastikan surat suara DPR-RI hari ini sudah selesai, sementara untuk DPR Provinsi masih berjalan, target hari ini selesai.” Terang Ketua KPU Mimika.

Setelah pelipatan DPR Provinsi dan DPR-RI, kami (KPU Mimika) akan melakukan evaluasi, termasuk evaluasi ulang tenaga, maupun tempat pelipatan surat suara.

Indra menambahkan setelah dilakukan evaluasi nantinya dilanjutkan dengan pelipatan surat suara untuk DPRD tingkat kabupaten/kota, DPD, dan pelipatan surat suara presiden dan wakil presiden.

Saat ini banyak kita temukan surat suara yang rusak, ada yang salah cetak, ada yang sobek, bahkan tidak bisa untuk digunakan sama sekali, Beber Ketua KPU

“Nanti kita tuangkan dalam berita acara tentang jumlah surat suara secara keseluruhan yang rusak kemuadian kita kirim ke pihak percetakan untuk segera mereka lakukan pergantian”.

Ditempat yang sama Kordinator Divisi Sengketa, Bawaslu Mimika, Blasius Narwadan mengatakan,

“Sebanyak 10 orang Komisioner Bawaslu Mimika ikut mengawasi langsung jalanya penyortiran dan pelipatan surat suara, selama 2 hari penyortiran dan pelipatan dilakukan kami menemukan sejumlah surat suara yang rusak, namun saat ini kami belum ketahui total cacatnya surat suara tersebut karena masih berlangsung, lain dari itu semua masih berjalan aman.” Pungkasnya

Proses sortir dan lipat surat suara diawasi langsung oleh Bawaslu Kabupaten Mimika dan dijaga ketat aparat kepolisian dari Polres Mimika dibantu satuan Brimob Ternate, Maluku Utara dipimpin Kabag. Ops Polres Mimika, AKP. Andyka Aer.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *