Cegah Tindak Pidana Pemilu Sentra GAKKUMDU Papua Gelar Sosialisi

by -35 views

MITRAPOL.com, Timika – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua melalui Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) menggelar Sosialisasi Tindak Pidana Pemilu pada Pemilihan Legislatif dan Presiden Tahun 2019 bertempat di salah satu Hotel Jalan Hasanuddin, Timika, Papua, Senin. (11/3) WIT.

Untuk diketahui Sentra Gakkumdu tergabung atas tiga unsur yakni Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan di tingkat Provinsi.

Dalam sosialisasi berlangsung berbagai penjelasan materi menyangkut penegakan hukum tindak pidana pemilu diisi oleh Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Provinsi Papua, Niko Tunjanan S.S, AKBP. Steven Tauran, SH, S.Ik selaku Ketua Koordinator Gakkumdu sekaligus mewakili Kapolda Papua dan Imanuel Waromi selaku ketua divisi kordinator penindakan gakkumdu, selain itu pesan kamtibmas disampaikan oleh Kapolres Mimika, AKBP. Agung Marlianto, SH.,MH.

Ketua Bawaslu Papua diwakili oleh Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Provinsi Papua, Niko Tunjanan S.S menyatakan, “kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Salah satu tujuan dari sosialisasi untuk memberikan bekal pengetahuan atau pemahaman penegakan hukum tindak pidana pemilu dan pengawasan kepada peserta dan penyelenggara pemilu 2019.

“Tersisa 35hari berjalan kami berharap agar hasil sosialisasi tindak pidana pemilu dapat diinformasikan dan diimplementasikan kepada masyarakat di Papua pada umumnya dan di Kabupaten Mimika khususnya”. Ujar Niko

Dirinya menambahkan “kami (Bawaslu Papua) menjamin hasil perolehan suara pemilu 2019 akan aman, hasil yang di perolehan suara yang diterima TPS naik di tingkat Distrik sampai Penetapan nanti akan tetap seperti semula. kami akan bersikap profesional dan integritas”. Tegas Niko

“Jangan sampai ada calon yang menyogok penyelenggara,
Potensi kerawanan bagi Penyelenggara adalah mudah disogok, berkaca pada pemilu sebelumnya untuk kali ini kami nyatakan dan tegas untuk memperbaiki nama baik bawaslu di Papua, kita tidak main-main lagi”. Tegasnya

“Masa depan tanah Papua juga menjadi tanggung jawab kami, sehingga kami akan berusaha profesional dan Integritas sebagai penyelenggara bawaslu”.

Kami (Bawaslu Papua) minta bila ditemukan adanya indikasi kuat oknum Bawaslu yang terlibat money politic mohon untuk dilaporkan kepada Bawaslu terkait”. Pungkasnya.

 

Reporter : AQM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *