Kepala MTsN 1 Lampung Timur Bantah Pembangunan Gapura Gunakan Dana Komite

  • Whatsapp
Pembangunan gapura MTsN 1 Lampung Timur yang megah dan menghabiskan dana ratusan juta rupiah.

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Pihak Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Lampung Timur terus mempercantik sekolahnya. Mulai dari merehab ruangan kelas, pagar depan hingga membangun sebuah gapura megah setinggi 5 meter sebagai gerbang pintu masuk sekolah.

Kuat dugaan sementara, gapura megah yang menghabiskan dana ratusan juta itu dibangun menggunakan pungutan dari dana komite siswa.

Bacaan Lainnya

Terkait hal itu, Kepala MTsN 1 Lampung Timur H. Irwin, M.Pd.I menjelaskan bahwa sumber dana untuk pembangunan gapura sekolah bersumber dari pusat dana pemeliharaan yang diberikan setiap tahun.

“Tiap tahun itu ada dana pemeliharaan dari pusat. Pembangunan gapura itu bukan dari penarikan dana komite siswa, tetapi dari dana pemeliharaan dari pusat setiap tahun diberikan sebesar 15 juta. Ya, bagaimana jika plafon rusak kalau tidak ada dana,” jelsanya saat ditemui awak media, Selasa (12/03/2019)

Menurut informasi dari narasumber kepada awak media belum lama ini, bahwa bangunan gapura megah menggunakan dana komite.

Mengenai penjelasan Kepala MTsN 1 Lampung Timur yang mengatakan bahwa dana yang digunakan adalah dana pemeliharaan sepertinya tidak mungkin, karena terlihat dari bangunan itu baru bukan rehab.

Artinya Kepala Sekolah MTsN 1 Lampung Timur tidak memberikan keterangan sebenarnya kepada tim media maupun kepada orang tua siswa, terlihat fakta dan tidak ada pengumuman papan nama dalam pembangunan yang ada disekolah tersebut sebagai salah satu kewajiban penggunaan dan pertanggung jawaban anggaran.

Selain itu kepengurusan komite MTsN 1 Lampung Timur menyalahi aturan permendikbud no.75 tahun 2016 tentang komite.Tidak dibenarkan Jabatan pengurus Ketua komite MTsN 1 Lampung Timur adalah ASN berinisial ” TG ” salah satu pejabat di Kabupaten Lampung Timur.

“Saya disini sejak April 2018,memang belum ada pergantian pengurus komite. Rencana tahun ini kita rapatkan untuk pergantian pengurus komite, saya belum tau kalau kepengurusan saat ini melanggar aturan permendikbud, ASN tidak boleh menjabat. Ketua komite disini ” TG “dia dulu seorang Camat Batanghari Kabupaten Lampung Timur,” paparnya.

Setelah awak tim media melihat fakta di lapangan, artinya penjelasan Kepala MTsN 1 Lampung Timur saat ini banyak kejanggalan dan tidak transparan kepada walimurid maupun masyarakat di dalam penggunaan anggaran negara.

Ke depan, Tim media akan meminta tanggapan Kepala Kementerian Agama Lampung Timur terkait permasalahan ini. (Muktaridi)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *