Program Non Fisik TMMD, Kodim 0736/Batang Gelar Sosialisasi Jambanisasi dan Sanitasi

oleh -21 views

MITRAPOL.com, Jateng – Dalam rangka mendidik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat serta terciptanya masyarakat yang sadar akan bahaya penyakit yang ditimbulkan akibat BAB sembarangan, Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang gelar kegiatan sosialisasi atau penyuluhan tentang program jambanisasi dan sanitasi di Balai Desa Jambangan, Selasa (12/03/19).

Dalam kegiatan tersebut disampaikan, bahwa kebiasaan membuang hajat sembarangan jelas tidak baik untuk kebersihan lingkungan hidup. Sebab bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit yang disebabkan pencemaran lingkungan seperti diare, penyakit kulit, disentri, dan lain sebagainya.

Penyuluh dari Dinas Kesehatan Batang, Widyatmoko menerangkan, “Banyak warga masyarakat yang hidup dalam keluarga yang tidak memiliki sarana sanitasi yang baik, sehingga banyak warga membuang hajat di sungai, sawah maupun ladang, dan ini tidak baik. Sebab, menurut data kesehatan, kotoran manusia mengandung bakteri e-coli yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya”, terangnya.

Lebih lanjut Widyatmoko menjelaskan, “Adapun tujuan utama dari program jambanisasi ini adalah untuk mendidik masyarakat desa agar mementingkan kesehatan, terciptanya masyarakat yang sadar akan bahaya penyakit yang ditimbulkan akibat buang air sembarangan, dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya masyarakat miskin atau kurang mampu”, jelas Widyatmoko.

Dalam indikator kemiskinan yang dirilis BPS menyebutkan, bahwa salah satu indikator kemiskinan adalah tidak adanya sarana pembuangan air besar yang dimiliki rumah tangga, seperti rumah tangga lainnya.

Sementara Dansatgas TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang, Letnan Kolonel Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu melalui Kapten Inf Sumargiyono menjelaskan, “Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini merupakan rangkaian sasaran kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang”, jelasnya.

“Kegiatan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan TMMD dengan sasaran non fisik, disamping juga ada sasaran pokok / fisik, yaitu pembangunan rabat beton jalan sepanjang 994,1 meter dan pembangunan talud sepanjang 87 meter,” pungkas Kapten Inf Sumargiyono. (Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *