Mencari Solusi Permasalahan Pendidikan Melalui NPD

by -48 views

MITRAPOL.com, Tubaba Lampung – Diskusi kelompok terpumpun mencari solusi permasalahan pendidikan melalui pemanfaatan pendidikan, acara dilaksanakan di Hotel Novotel Lampung. Selasa (12/3/2019), dengan nara sumber Sesjen kemendikbud.

Prakarsa Diskusi Kelompok Terpumpun datang dari Tuan rumah Provinsi Lampung, dengan dihadiri Tiga Belas Kabupaten dan Dua Kota.

Usai acara tersebut Kadis Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang Barat Amrullah yang disambangi wartawan mitrapol.com diruang kerjanya mengatakan bahwa, dari hasil rapat diskusi tersebut Sesjen Kemendikbud Dididik Suhardi, Ph.D. meminta kepada seluruh Dinas Pendidikan, Bappeda, Komisi bidang pendidikan DPRD, Dewan Pendidikan Kabupaten, K3S SD dan MKKS SMP dapat mengawal Nawacita yang menjadi agenda prioritas pemerintahan saat ini.

Nawacita digagas untuk menunjukkan jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan dan pemerintah juga harus hadir di masyarakat dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

Amrullah lebih lanjut mengatakan bahwa, Neraca Pendidikan Daerah (NPD) pada tahun 2018 yang lalu telah diluncurkan pada saat Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) awal Februari 2019 kemarin.

NPD merupakan kumpulan informasi terkait dengan pendidikan dan beberapa capaian pendidikan di daerah masing-masing yang berisikan anggaran pendidikan dan indikator mutu yang menjelaskan situasi dan kondisi pendidikan di daerah.

Dengan adanya NPD diharapakan dapat dijadikan rujukan kinerja daerah ditingkat Provinsi dan Kabupaten, salah satu pemanfaatan NPD adalah mendukung kebijakan Kemendikbud terkait sistem zonasi pendidikan untuk meningkatkan pemerataan kualitas layanan pendidikan. Ujarnya

Ia menerangkan lebih lanjut dengan adanya program NPD adalah suatu kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun mencari solusi permasalahan pendidikan dengan pemanfaatan Neraca Pendidikan Daerah (NPD) bertujuan untuk membangun sinergi dan meningkatkan kerjasama antara Kemendikbud, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Kota, Kabupaten, Bapedda, DPRD, Dewan Pendidikan, MKKS serta masyarakat komunitas pendidikan dan Kebudayaan, paparnya.

 

Dan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *