Ormas Jarum Minta Bupati Lebak Lebih Perhatikan Warga Pribumi

oleh -124 views
Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya hadiri acara HUT ke-5 Ormas Jarum.

MITRAPOL.com, Lebak – Ormas Jaringan Relawan Untuk Masyarakat (JARUM) adalah satu wadah organisasi masyarakat terbilang cukup memilik nama besar di Kabupaten Lebak, Banten.

Peran aktif Ormas Jarum yang konsisten hadir ditengah masyarakat dalam berbagai kegiatan-kegiatan Sosial membuat nama Ormas Jarum sudah cukup melekat bagi kalangan lapisan masyarakat benten khususya kabupaten Lebak.

Loading...

Sekilas berdirinya Ormas Jarum diterangkan H. Nunung Hidayat selaku Ketua Umum Jarum, semula sebagai wadah pemersatu antara jawara, kiyai, pengusaha, pemuda dan kalangan lainnya pada masa transisi dalam gejolak pilkada lebak tahun 2013 yang sempat menjadi sorotan secara nasional dengan adanya Pemilihan Suara Ulang (PSU) pada saat itu.

“Setelah sukses merangkul semua pihak hingga terjalin silaturahmi menyamakan persepsi dan muncul sebuah Ide untuk membuat Anggaran Dasar Melalui Notaris Bronto Hartono, SH.,M.Kn tepatnya pada Rabu, (6/8/2014) untuk mendirikan Organisasi masyarakat Jaringan Relawan Untuk Masyarakat(Jarum) lalu menggelar Deklarasi dikota Rangkas bitung pada 9 Maret 2014 sehingga berjalanlah sebagaimana fungsi organisasinya,” ujar H. Nunung Hidayat.

H. Apih Jajuli Gebek sosok tokoh jawara banten yang berasal dari Cisimeut-Lebak saat itu sebagai ketua umum didukung oleh H.Sumantri Jayabaya (Alm) memegang peran sebagi ketua Dewan penasehat Ormas jarum.

Pada acara Milad atau HUT ke-2 digelar digedung As-Sakinah Jl. By pas kota Rangkas bitung 9 Maret 2016.

Wakil Bupati lebak H. Ade Sumardi mengapresiasi atas kegiatan HUT Ormas jarum yang diisi rangkaian acara Sosial seperti khitanan 62 anak, Nikah masal bagi puluhan pasang pengantin dan Santunan untuk ratusan Yatim-piatu dan dhuafa.

“Kami pemerintah daerah cukup bangga dan meminta agar Ormas jarum dapat terus bersedia bersinergi dengan pemerintah dan menjadi Bampernya pemda lebak agar terus menjaga kondusifitas,” ujarnya.

Setelah para deklarator H. Apih Hajuli gebek dan H. Sumantri Jayabaya meninggal dunia, Ormas Jarum tetap eksis dinahkodai oleh H. Nunung Hidayat Gebek selaku ketua harian.

Dan akhirnya Para pengurus dari tingkat DPP, Korwil dan korcam sepakat mengaklamasikan H. Nunung Hidayat gebek menjadi ketua umum.

Kesepakatan tersebut seiring dengan perayaan milad atau HUT ke-3 Ormas Jarum yang pada saat itu dilaksanakan di Kecamatan Bayah pada 9 Maret 2017.

Diketahui, dalam setiap acara Milad atau HUT Ormas jarum, lokasi dan kepanitiaan acara digilir antar pengurus tingkat kecamatan.

Setelah sebelumnya kecamatan Banjarsari ditahun 2018 kini tahun 2019 giliran kecamatan Maja yang menggelar acara tersebut.

Acara HUT ke-5 yang digelar pengurus Ormas jarum di Desa Padasuka, Kecamatan Maja berjalan selama seminggu (Full) dimulai sejak Minggu 3 maret sampai dengan 9 maret 2019 dengan diisi acara Carnaval, Lomba pentas seni dan kearifan lokal, Lomba seni budaya Islam,dan berbagai perlombaan lainnya.

Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya hadir pada acara puncak acara yang dilaksanakan Sabtu, 9 Maret 2019.

Dalam pidatonya, Bupati Lebak meminta agar Ormas Jarum terlibat dalam pembangunan daerah sebagai pungsi pengawalan dan pengawasan serta mampu mengkondusifkan jalannya pembangunan.

“Maja akan menjadi kota baru yang dicanangkan oleh pemerintah pusat dimana sebanyak puluhan ribu rumah bakal dibangun dan diisi oleh ratusan jiwa penduduk dan ini kita persiapkan bagaimana budaya dan kearifan lokal kita harus tetap bertahan,” kata Iti.

Bupati lebak juga menjelaskan bahwa pemda lebak kini sedang fokus mendorong sektor ekonomi melalui potensi destinasi wisata yang cukup banyak terdapat dikabupaten lebak.

“Kita punya cukup banyak potensi wisata seperi Goa, Air terjun, air kawah dan sebagainya itu akan menjadi peluang kita. Kami sadar semua sangat butuh dukungan masyarakat dari berbagai elemen seperti Ormas jarum,” ucap bupati lebak

Sementara Ketua DPP Ormas Jarum H.Nunung Hidayat gebek meminta agar Bupati Lebak lebih memperhatikan warga pribumi

“Kecamatan Maja akan menjadi kota satelit. Kami mohon agar orang pribumi jangan sampai menjadi tamu di rumah sendiri dan kemajuan kecamatan Maja ini harus dapat dirasakan oleh pribumi juga. kami akan terus konsisten untuk mengawal, mengawasi dan berpartisipasi dalam kebijakan pemerintah,” pungkasnya.

Dalam acara penutupan HUT ke-5 Ormas Jarum menggelar khitanan masal, pengobatan gratis, santunan, beragam pentas kesenian dan hadiah doorprize.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lebak, Sekda lebak, Para Forkopimda, para kepala OPD, perwakilan institusi Polri dan TNI serta jajaran Muspika kecamatan Maja. (Ubay Sobang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *