Wabup Lebak, Baznas Harus Bermanfaat Untuk Masyarakat

oleh -54 views

MITRAPOL.com, Lebak – Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menghadiri sekaligus membuka Pembukaan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lebak Tahun 2019 bertempat di Aula Multatuli Setda Lebak, Rabu (13/3/2019).

Hadir dalam Rakor tersebut Kepala Divisi Unit Pengumpul Zakat Nasional BAZNAS, Faisal Qosim dan Komisaris Baznas Lebak dan seluruh OPZ ( Organisasi Pengelola Zakat) di Kabupaten Lebak.

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa dana zakat, infaq dan shadaqah yang berhasil dihimpun oleh baznas merupakan sumber jaminan kehidupan bagi umat, khususnya bagi para fakir miskin, pendidikan, dan pengembangan ekonomi umat. termasuk kondisi kehidupan keagamaan saat ini, seperti untuk membangun masjid, mushala dan majelis taklim.

“Pada kesempatan yang sangat strategis ini, saya mengajak kepada para muzaki, pimpinan opd, dan para pengusaha serta seluruh lapisan masyarakat, termasuk upz untuk secara bersama-sama mendukung baznas kabupaten lebak, semata-mata untuk kesejahteraan umat islam kabupaten lebak sebagaimana yang kita cita-citakan” Ungkap Wabup Lebak.

Ade juga menambahkan dalam pengejawantahan program-program Baznas Lebak, Ade meminta minta agar Komisioner Baznas Lebak menyelaraskan dan turut serta mensukseskan Visi Kabupaten Lebak 2019-2024 yaitu “Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal”, Baznas Lebak bisa lebih fokus menyentuh pada misi; meningkatkan kualitas dan daya saing SDM, meningkatkan produktifitas perekonomian daerah melalui pengembangan pariwisata, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

“Dalam kaitannya sebagai lembaga publik. maka Baznas harus membangun kepercayaan lebih kuat, di mana secara rutin dan transparan menginformasikanya kepada masyarakat penerima zakat, infaq dan shadaqah, serta mendistribusikannya sesuai ketentuan yang disyari’atkan. dan, saya sangat mengapresiasi profesionalisme serta akuntabilitas pengelolaan baznas lebak” Ungkap Ade

Terakhir Wabup Lebak mengapresiasi profesionalisme Komisioner Baznas Lebak, dalam administrasi pelaporan dan perencanaan.

Ketua Baznas Lebak Eri Rahmat mengatakan bahwa di Tahun 2019, pelaksanaan manajemen zakat telah mengunakan sistem manajemen Baznas (Simba) dan aplikasi keuangan, sedangkan untuk Tahun 2018 masih mengunakan sistem manual dengan tetap memperhatikan sistim ekonomi syari ah.

“Kelembagaan pengelolaan Zakat harus terintegrasi dengan Baznas sebagai koordinator seluruh pengelolaan zakat, baik Baznas Provinsi, kabupaten/kota maupun laz. mandat Baznas sebagai kordinator Zakat Nasional menjadi momentum kebangkitan Zakat di indonesia” Pungkas Eri.

Dalam acara tersebut Wakil Bupati Lebak menyerahkan bantuan kepada beberapa penerima amil zakat infak dan sodakoh untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

 

A4N / Soleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *