Kades Sukajaya Dorong Ekonomi Petani Melalui Program JUT

by -223 views
Sutisna selaku Kades Suka Jaya, Kecamatan Sobang, Lebak

MITRAPOL.com, Lebak – Jalan Usaha Tani (JUT) merupakan program prasarana infrastruktur jalan sebagai akses menuju areal persawahan dan perkebunan berfungsi untuk penunjang mobilisasi juga distribusi bagi usaha para kaum petani.

Terkait program tersebut, Sutisna selaku Kades Suka Jaya, Kecamatan Sobang, Lebak-Banten dalam waktu dekat berencana akan membuka program Jalan Usaha Tani tersebut.

JUT juga dianggap bakal memudahkan petani untuk membawa alat dan mesin pertanian sekakigus menekan biaya angkut hasil pertanian menuju tempat penyimapanan, pengolahan atau pasar penjualan.

“Saya yakin JUT dapat meningkatkan sektor pertanian desa sukajaya Dengan adanya akses jalan yang memadai tentu akan melepas beban dan keluhan para petani yang selama ini kesulitan akibat lahan usaha tani mereka tidak terjangkau kendaraan,” ujar Sutisna kepada Mitrapol, Minggu (17/03/2019).

Sutisna mengindikasikan bahwa JUT bisa dijadikan alat pemicu untuk kenaikan harga lahan pertanian.

Selain itu juga, setelah ada akses kendaraan maka lahan pertanian masyarakat ke depannya bisa untuk dijadikan pemukiman warga kami

“Penduduk kami sangat padat ditambah minim lahan kosong untuk membangun rumah. Bayangkan, sebanyak 17 RT ada didalam satu wilayah desa Sukajaya,” ujarnya.

“Bagaimana jika nanti anak cucu kami dewasa dan mereka pasti akan membutuhkan lahan kosong untuk mendirikan tempat tinggalnya. Itulah salah satu pemikiran saya untuk masa depan desa sukajaya,” pungkasnya.

Di Cibuluh areal persawahan di Desa Sukajaya-Sobang dengan hamparan seluas 50 Hektre lebih yang rencananya akan dibangun 1000×2 Meter jalan usaha pertanian menggunakan anggaran dana usulan dari dinas pertanian kabupaten lebak.

Anggaran dana Program JUT tersebut akan dikelola langsung oleh Gabungan kelompok tani diDesa sukajaya kecamatan sobang Lebak-Banten

Dikatakan Andi, selaku ketua Gapoktan Desa Sukajaya yang mengaku cukup antusias dengan adanya program JUT akan membawa dampak positif terutama untuk meningkatkan ekonomi para petani.

“Kepala desa sudah mengundang masyarakat untuk bermusyawarah di Gedung serbaguna Desa Sukajaya pada, Sabtu 16/3 (Kemarin), dan kami sepakat akan segera membuka badan jalan secara swadaya dulu agar pekerjaan program JUT nanti dapat berjalan lancar,” tutup Andi. (Ubay)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *