Millenial Road Safety Festival di Buton Utara Berjalan Sukses, Ini Kata Bupati

oleh -15 views

MITRAPOL.com, Buton Utara – Kegiatan Millenial Road Safety Festival (MRSF), di Kabupaten Buton Utara (Butur) telah sukse diselenggarakan pada Minggu (17/03/2019).

Acara yang diikuti ribuan peserta tersebut meliputi beragam kegiatan, mulai dari jalan santai, senam kolosal, deklarasi pelopor keselamatan berlalu lintas, pembagian ratusan door prize dengan hadiah utama satu unit motor, hingga hiburan dari pedangdut Ibukota, Maya KDI.

Giat yang dimulai sekira pukul 06.00 Wita itu berlangsung semarak. Ribuan peserta tampak beriringan memadati Lapangan Raja Jin, Kecamatan Kulisusu, tempat di mana kegiatan itu dipusatkan.

Di kesempatannya, Bupati Butur, Abu Hasan menuturkan, kegiatan terkait dengan kesadaran berlalu lintas ini memang sangat penting. Sebab, kata dia, berlalu lintas merupakan aktifitas yang dilakukan setiap hari, bahkan setiap saat, dengan berbagai tingkatan usia.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan.

Dengan adanya giat tersebut, pihaknya menaruh harapan, kesadaran berlalu lintas di daerah otoritasnya ke depan semakin membaik. Sehingga, pelanggaran yang berpotensi pada terjadinya kecelakaan, dapat diminimalisir. Terlebih kepada para generasi milenial.

“Kesadaran untuk menghindari kecelakaan lalu lintas, adalah kesadaran yang harus kita tumbuh kembangkan, dalam kesadaran kolektif keseharian kita,” tutur Abu Hasan.

Di kesempatan selanjutnya, Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga, dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolres Muna, Kompol Yusuf Mars menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan mengingat masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas di tanah air. Tidak terkecuali Kabupaten Butur, Muna, dan Muna Barat, yang masih merupakan wilayah tugasnya

“Sebagai informasi, bahwa angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah kita selama tahun 2018, sebanyak 75 kejadian. Dengan jumlah korban meninggal duni 32 orang, luka berat satu orang, luka ringan 99 orang, dan kerugian material hingga mencapai 213 juta rupiah,” ungkapnya.

Lantas, mengapa giat tersebut menyasar kaum milenial?. Dijelaskan pula, bahwa dari data Badan Pusat Statistik, menjelaskan bahwa kecelakaan di Indonesia mencapai 105.374 kasus pada tahun 2018. Faktanya, kecelakaan tersebut didominasi oleh kaum muda yang masih produktif, yaitu sebesar 55,6 persen, dan secara spesifik 28,12 persen korban berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Sehingga, dari data tersebut, MRSF hadir dengan tujuan, antaralain terbangunnya budaya tertib lulintas khususnya di kalangan generasi milenial, terwujudnya keselamatan secara terprogram dan berkesinambungan, serta adanya peningkatan kualitas keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Selanjutnya, membentuk relawan lalu lintas milenial Indonesia, dan mempererat hubungan kedekatan antara polisi lalu lintas dengan generasi milenial. (David Wiridin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *