Ini Penjelasan KIP Aceh Terkait Kabar Surat Suara DPRK Sabang yang Hilang

by -286 views
Ketua KIP (Komisi Independen Pemilihan) Aceh, Dr. Syamsul Bahri, SE., MM.

MITRAPOL.com, Sabang – Beredar kabar sebanyak 500 lembar surat suara DPRK Sabang Dapil Sukajaya yang tercecer sampai hari ini belum ditemukan. Terkait masalah tersebut, Wakil Ketua II DPRK Sabang, Zuanda meminta KIP dan PANWAS setempat segera membuat langkah serius sebagai antisipasi menghindari kecurangan.

Menurut informasi, bahwa jumlah kertas suara 1 box tersebut berisi 500 lembar, pihak KIP Kota Sabang sudah menyurati KIP Aceh dan KPU RI atas kekurangan kertas suara ini sejak diterimanya surat suara tersebut, namun hingga hari ini kertas suara yang tidak diterima dan diduga terselip ke daerah lain tersebut belum ditemukan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya terkait kabar tersebut, Mitrapol.com menanyakan langsung kepada pihak terkait, dalam hal ini Ketua KIP (Komisi Independen Pemilihan) Aceh yaitu bapak Dr. Syamsul Bahri, SE., MM.

Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri menjelaskan kepada Mitrapol.com melalui selulernya, bahwa Surat Suara yang dikatakan hilang, tercecer dan terselip ke daerah lain, itu tidak benar, namun yang terjadi hanya pada saat diberikan ternayta surat suara tidak cukup.

“Sesuai dengan berita acara sejumlah delapan kotak dan lengkap apa yang diberikan dari Medan, namun memang tidak cukup kertasnya setelah dihitung, dan KIP sudah menyurati KPU R.I. menanyakan kenapa hanya delapan kotak seharusnya sembilan kotak,” kata Syamsul.

Lanjut Syamsul, dengan kekurangan lima ratus kertas suara tersebut, KIP Sabang sudah menyurati KIP Aceh supaya segera ditambah yang kekurangannya, dan pihak KIP Aceh sudah meneruskan juga surat tersebut ke KPU Pusat.

“Supaya segera dikirimkan kertas suara yang khusus untuk sabang sebanyak lima ratus, namun KPU. R.I tidak bisa serta merta mencetak atau mengirm begitu saja, tentunya harus melalui prosedur-prosedur dan pengawasan yang ketat,” katanya. (Bukhari)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *