K3S Karang Sembung Siapkan Anak Didik Hadapi Ujian Nasional 2019

  • Whatsapp
Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Karang Sembung, Cirebon.

MITRAPOL.com, Cirebon – Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Karang Sembung, Cirebon, Jawa Barat, terus mempersiapkan anak didiknya guna menghadapi Ujian Nasional (UN) tingkat SD/MI/SLB yang digelar serentak pada bulan Mei mendatang.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Karang Sembung Heri, melalui sang bendahara K3S Hj. Syaadah, menuturkan, dalam rangka menghadapi UN 2019, pihaknya telah menyusun sejumlah persiapan.

Pada semester pertama memfokuskan siswa kelas VI, mempelajari materi pelajaran terutama Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kemudian, pada semester kedua metode belajar lebih menguji kemampuan siswa-siswi dalam menyerap materi mata pelajaran yang telah disampaikan pada semester sebelumnya.

”Dalam setahun itu kita bagi dua, semester pertama untuk materi dan semester kedua menguji daya serap siswa melalui serangkaian tes,” urai Hj. Syaadah.

Pada semester kedua, lanjutnya, pihaknya menggelar Try Out dan membahas kisi-kisi soal pada tiga mata pelajaran yang di uji nasionalkan.

Hasil try out, kata dia, akan menjadi penilaian sejauh mana kemampuan siswa dalam menjawab soal-soal. Kemudian, terus dievaluasi sehingga mencapai target lulus 100%.

Pihaknya memasang target untuk siswa di lingkungan pendidikan Kecamatan Karamgsembung lulus semuanya. ”Kita terus evaluasi, karena target kita lulus seratus persen,” sebut Kepsek senior ini.

Selain itu, Hj. Syaadah mengatakan, penambah jam belajar siswa-siswinya dengan les tambahan. Les ini tentunya atas persetujuan orang tua siswa yang ingin anaknya lulus seluruhnya.

Diakuinya, secara psikologis para siswa juga perlu dipersiapkan. Karenanya, peran orangtua sangat mendukung suksesnya Ujian Nasional dimaksud.

”Kita siapkan juga psikologis anak. Di sini peran orang tua sangat menentukan. Sekolah sudah membicarakan ini dengan wali murid dan Insya Allah semuanya mendukung,” paparnya.

Disamping itu, pihaknya terus memotivasi siswa-siswi untuk giat belajar dan tidak menjadikan Ujian Nasional sebagai momok yang menakutkan.

Dikatakannya, sejak awal tahun pelajaran, guru kelas VI ditempatkan tenaga pendidik yang senior dan berpenggalaman. Ini menjadi penting, karena keberhasilan ujian nasional tidak terlepas dari sosok guru yang menguasai materi ajar serta pengalaman yang memumpuni. ”Sejak awal kita telah persiapkan semua, termasuk guru kelas.”

Terakhir, ia meminta dukungan semua pihak agar pelaksanaan Ujian Nasional bisa terlaksana dengan baik dan membawa hasil maksimal sebagaimana tahun 2018 siswa Sekecamatan Karang sembung yang lulus 100 persen. (Dede S)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *