Sekelompok Massa Mengamuk di Kantor KPU Palangka Raya, Ini Penyebabnya

by -93 views

MITRAPOL.com, Palangka Raya – Sekelompok massa yang tak terima dengan hasil perhitungan suara mengamuk di Kantor KPU Kota Palangkaraya.

Beruntung, petugas Kepolisian Polres Palangkaraya yang meminta bantuan pasukan dari Brimob Polda Kalteng dan Direktorat Samapta akhirnya mampu memukul mundur massa yang terbakar emosi tersebut.

Skenario tersebut dipraktekkan dalam simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang di laksanakan oleh Polres Palangka Raya di halaman dan jalan depan Kantor Walikota Palangka Raya, Kamis (21/03/2019).

Dalam simulasi Sispamkota tersebut pasukan dibagi dalam tiga kelompok besar yaitu tim dalmas awal untuk menangani pengunjuk rasa damai, tim dalmas lanjut disertai tim Raimas dan K-9 untuk menanggulangi pengunjuk rasa yang telah membuat keributan namun belum bertindak anarkis dan PHH Brimob untuk penanganan massa yang telah berbuat Anarkis.

Menurut Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, S.I.K., M.Si di dampingi Dandim 1016 Palangka, “kegiatan latihan Sispamkota yang di gelar di halaman dan jalan depan Kantor Walikota Palangka Raya bertujuan untuk mengasah kemampuan dan mempraktekkan bila kemungkinan terburuk terjadi, kita tidak ingin kejadian seperti di dalam skenario terjadi namun bila itu memang terjadi kita sudah siap.”

“Latihan ini untuk mengasah kemampuan kita agar kita tahu apa dan siapa harus berbuat apa, kita tidak mau bila terdadak anggota tidak tahu melakukan apa,” lanjut Kapolres.

Latihan Sispamkota yang di adakan Polres Palangka Raya melibatkan kurang lebih 500 personel dan masyarakat yang diasumsikan sebagai massa pembuat kerusuhan. (Tedy/Abimanyu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *