Sekwan Metro Lampung: 12 Anggota DPRD Belum Kembalikan Dana Tunjangan

  • Whatsapp
Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Metro Lampung Budiono

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Terkait dugaan kebocoran keuangan DPRD Metro Lampung tentang dugaan kelebihan pembayaran tunjangan bagi pimpinan dan anggota DPRD Kota Metro tahun 2017-2018 berjumlah 25 orang terjawab sudah.Tim Media menemui langsung Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Metro Lampung Budiono yang didampingi Kabag Keuangan dan Kabag Umum Kota Metro Lampung, Selasa (19/03/2019).

Adapun kelebihan pembayaran uang tunjangan anggota DPRD Metro meliputi; Tunjangan Perumahan,
Tunjangan Transportasi, Tunjangan Komunikasi Insentif dan Tunjangan Reses.

Bacaan Lainnya

Total dana tunjangan masing masing pimpinan dan anggota berkisar 28 juta perorang bagi 25 orang berjumlah sekitar 700 juta.

Sekwan DPRD Metro Lampung Budiono menjelaskan tentang keuangan DPRD tergolong 3 macam tinggi, sedang dan rendah. Kota Metro Lampung diputuskan kemampuan keuangan DPRD sebagai Kategori sedang.

Oleh karena itu sesuai peraturan yang berlaku baik dari kemendagri, perda, perwali, Tunjangan sudah dibayarkan sejak bulan Agustus, September, Oktober 2017. Namun pada tanggal 02 November 2017 tertib peraturan baru PP no.18 tahun 2017 dari Kemendagri tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD serta PP no.62 tahun 2017 tentang Pengelompokan kemampuan keuangan daerah serta pelaksanaan dan pertanggungjawaban dana operasional.

“Sesuai SK dari Kemendagri Kota Metro Lampung penilaian dalam katagori kemampuan keuangan sedang.Artinya tunjangan dewan dibayarkan kalau katagori kemampuan keuangan tinggi 7x, sedang 5x, rendah 3x. Oleh karena itu mengenai semua tunjangan hak pimpinan dan anggota DPRD Metro sudah kita bayarkan sesuai aturan baik PP, Perda, Perwali dan SK Pembayaran sejak bulan Agustus, September, Oktober 2017,” jelasnya.

“Kemudian awal bulan November terbit PP dari Kemendagri bahwa seluruh Indonesia kemampuan keuangan dikatagorikan rendah.Oleh sebab itu seluruh anggota DPRD Metro harus mengembalikan kelebihan uang tunjangan yang telah diterima,” ujar Budiono.

Ditambahkan Budiono, “Sebagian sudah ada anggota DPRD Metro yang mengembalikan dana tunjangan tersebut,masih ada 12 anggota DPRD Metro yang belum mengembalikan. Mengingat masa waktu akhir jabatan para anggota DPRD sudah dekat menghitung hari,apabila belum melunasi akan tetap menjadi hutang selamanya,” tutup Budiono. (Muktaridi)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *