Dirjen Perhubungan Darat Luncurkan Sistem Spionam, Ini Tujuannya

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Kemenhub) luncurkan sistem Spionam, agar memudahkan ijin pariwisata dan Ijin transportasi.

Dengan adanya sistem Spionam ini diharapkan dapat mempermudah pengusaha pariwisata serta tranportasi.

Direktur Angkutan MultiModa Direktorat perhubungan angkutan Darat. M Yani mengatakan Sistem Spionam sangat membantu Kemudahan pengurusan ijin Pariwisata dan ijin lainya terkait Transportasi, Pengurusan sangatlah mudah dan dapat langsung di input melalui sistem Spionam, maka diharapkan perusahaan Transportasi wajib memiliki tenaga IT untuk mengisi data yg diperlukan melalui sistem spionam, bila Persyaratan Lengkap cukup 3 hari kerja ijin sudah disetujui.

Ibu Erlina Kasi angkutan Orang Tidak dalam Trayek dan Ibu Triana juga sangat menyambut baik saat Persentase kepada perusahaan yang diundang di dalam ruang rapat, pada Jumat (22/03/2019)

“Tidak ada yang sulit asal mengikuti prosedur, Bagi Perusahaan yang blm paham dengan sistim Spionam juga akan dipandu langsung oleh para Staf disana, Dengan Slogan ‘Bersama Kami Belajar, Langsung Pintar Tanpa Biaya'” kata Triana selaku staf angkutan orang tidak dalam trayek yang selalu melayani dengan ramah dalam hal pemaparan dan persentase.

Hadir dalam rapat, Januariwan, salah satu Pengusaha Transportasi sekaligus pengurus di salah satu Organisasi Transportasi mendampingi Robby dari OKKA Rent Surabaya di Gedung Graha Lestari untuk persentase sebelum mendapatkan ijin prinsip penyelenggaraan.

“Aku sebagai salah satu pengurus organisasi transportasi yang ikut membantu /Perpanjangan tangan dalam hal sosialisasi dan Mengarahkan pengusaha transportasi untuk belajar spionam dan Pengurusan ijin. Agar semua kendaraan dapat dilengkapi Legalitas sehingga aman diperjalanan,” ujarnya.

Robby sebagai pengusaha Transportasi OKKA Rent di surabaya juga mengucapkan terimakasih kepada Pihak terkait pelayanan dan kemudahan dalam pengurusan ijin.

Seperti dijelaskan SPIONAM bukanlah hal yang menakutkan tetapi justru sangat membantu pengusaha angkutan umum dalam pengurus perizinan, cukup dari tempat domisili perusahaan proses perizinan sudah bisa jalan, tentunya hal ini sangat menghemat waktu.

1. Ijin Standar Pelayanan Minimal yang dapat di urus, antara lain Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;
2. Ijin Pengoperasian Kapal Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan;
3. Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek, meliputi pelayanan :
a.Ijin penyelenggaraan AKAP;
b.Ijin Penyelnggaraan ALBN,
4.Ijin Penyelenggaraan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek, meliputi pelayanan :
a.Ijin Pepeyelenggaraan Angkutan Orang untuk Keperluan Pariwisata,Angkutan Carter,
b.Angkutan Sewa umum untuk keperluan Pariwisataaaaa Angkutan Antar Jempu, Angkutan Permukiman, angkuta Karyawan, Angkutan Sewa Khusus yang melebihi 1 (satu) Propinsi.
5.Ijin Peyelenggaraan Angkutan Barang Berbahaya da Beracun, meliputi pelayanan:
a.Ijin penyelenggaraan Angkutan Berbahaya dan Beracun;
b.Ijin penyelenggaraan Alat Berat.

Erlina Indriasari menambahkan, perizinan untuk Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek mengatakan, untuk SPIONAM pada perijinan Angkutan Orang Tidak Dalam Trayek meliputi;

a.Regristasi Perusahaan
Tahap pertama : Untuk mendapatkan username dan pasword silahkan daftarkan perusahaan yang dimiliki dengan cara mengisi Form Pendaftaran Perusahaan yang ada di aplikasi SPIONAM;

b.Penyampaian Legalitas
Tahap kedua : Jika telah memiliki username dan password selanjutnya login dan uploud dokumen legalitas perusahaan yang dimiliki;

c. Permohonan Izin Penyelenggaraan
Tahap ketiga : ajukan permohonan izin penyelenggaraan dengan melampirkan dokumen pemohon dan monitor progres permohonan melalui fitue Monitoring Progres.

d. Permohonan Realisasi Kendaraan
Tahap keempat : Perusahaan mengajukan permohonan izin realisasi kendaraan dengan menyertakan data – data kendaraan yang ingin diajukan

Semua data – data dokumen perusahaan dan kendaraan di scan dan menjadi file untuk kemudian diajukan dan diproses. (Shem)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *