Kapolres Pematangsiantar Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pematangsiantar – Dalam rangka mewujudkan pengamanan Pemilu serentak, Polri dan Aparat TNI menggelar apel kesiapan TNI – Polri serta komponen bangsa lainnya guna mengamankan jalannya Pemilu serentak 2019. Apel gelar pasukan kesiapan pengamanan Pemilu ini berlangsung di Lapangan H. Adam Malik, Kota Pematangsiantar, Jumat (22/03/2019).

Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu bertindak sebagai Inspektur Upacara didampingi oleh Kasdim 0207 Mayor (Inf) Mangatur Sianturi.

Bacaan Lainnya

Sebagai Perwira Upacara Kabag Ops Kompol Biston Situmorang dan Komandan Upacara Kasat Narkoba AKP Eduar Tobing SH.

Dalam amanatnya, Kapolres membacakan amanat yang ditulis oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) RI, menegaskan bahwa pemilu serentak 2019 merupakan kesempatan berharga bagi rakyat Indonesia untuk memilih calon anggota legislatif yang akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan sekaligus sarana untuk memilih pemimpin nasional guna untuk mewujudkan cita cita nasional bangsa Indonesia.

Lanjutnya bahwa sukses atau tidaknya perhelatan ajang demokrasi bangsa ini, sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tdk langsung. Tidak saja anggota Parpol dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yg ada. Namun penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu, DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yg obyektif dan transparan. Tentunya tdk ketinggalan tentunya fungsi dan peran TNI – Polri yg berada diluar lingkup lembaga penyelenggara pemilu.

AKBP Heribertus Ompusunggu menegaskan melalui amanat tertulis yang dibacakannya secara tegas menjelaskan bahwa TNI – Polri selaku institusi yg bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya pemilu serentak 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut, institusi ini harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yg berlaku, sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu serentak ini.

Diberitahukannya bahwa jumlah kekuatan prajurit TNI – Polri yg dilibatkan pada pengamanan pemilu serentak sebanyak 453.133 personil yg didukung alutsista/ perlengkapan pengamanan sesuai potensi kerawanan yg ada, hal ini menunjukkan bahwa negara yg didukung oleh rakyatnya sangat serius dan bertanggung jawab agar pemilu berjalan dengan baik tanpa ada hambatan.

Gelar apel pasukan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 ini dihadiri oleh Walikota Pematangsiantar H. Hefriansyah SE MM, Danrem 022/PT Kol (Inf) Raden Wahyu Sugiarto, SIP, M. Han, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar yg diwakili oleh Drs. Samuel Saragih, Dan Rindam I/BB diwakili Mayor (Inf) NC Manik, Kajari Pematangsiantar yg diwakili Kasipidus Dostom Hutabarat SH, Dan Dempom I/1 Pematangsiantar Kapten (CPM) M. Sinaga, Komisioner KPU beserta seluruh jajarannya, Wakapolres Pematangsiantar Kompol Amakhota Hia, SH, M. Hum, Danki 2/B Sat Brimobda Pematangsiantar Iptu L Manurung, Kasat Pol PP , Drs Robert Samosir, Tokoh Masyarakat, Agama, elemen OKP dan Camat serta Lurah se Kota Pematangsiantar. (Marihot Sirait)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *