KPU Tobasamosir Terima 323 Pack Surat Suara

  • Whatsapp
Ketua KPU Tobasa Henri pardosi memeriksa dan menunjukan segel yang masih utuh di truk pengangkut kertas suara disaksikan petugas bawaslu dan petugas kepolisian.

MITRAPOL.com, Tobasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tobasamosir menerima sebanyak 323 pack surat suara yang terdiri dari 65 pack atau 128.671 lembar surat suara untuk calon Presiden dan wakil presiden RI, 258 pack atau 128.671 lembar surat suara untuk calon anggota DPD RI.

Surat tersebut tiba dikantor komisi pemilihan umum kabupaten (KPU) tobasamosir pada hari kamis malam (21/03/2019) pukul.20.00 wib, diangkut dengan menggunakan 1 unit mobil truk serta mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan diterima langsung oleh ketua KPU Tobasamosir Henry Pardosi dan anggota komisioner lainnya Sahat sibarani, disaksikan oleh anggota bawaslu dan Kapolres tobasamosir AKBP.Agus waluyo Sik, Kabag Ops polres tobasa Kompol.Jhonson Butar butar, Kapolsek balige AKP Ruben Manalu, kasubbag humas polres tobasa IPDA Bungaran Samosir.

Muat Lebih

Sebelum mobil truk yang mengangkut surat suara tersebut dibongkar untuk memindahkan surat suara tersebut ke gudang KPU, Ketua KPU dan perwakilan dari Bawaslu disaksikan oleh aparat kepolisian yang melakukan pengawalan, melakukan pemeriksaan kunci boks truk yg telah disegel terlebih dahulu untuk memastikan keamanan segel proses pengiriman, dan selanjutnya tiap tiap pack kertas suara dihitung lalu dipindahkan menuju gudang KPU untuk disimpan.

Ketua KPU Tobasa Henri Pardosi kepada Mitrapol mengatakan,”Surat suara untuk Tobasa yang kita terima ini dikirim dari Jakarta ke Medan, kemudian dari KPU provinsi diangkut dalam satu bus kontainer yang telah digabung dengan surat suara kabupaten lain yaitu kabupaten Karo, Dairi, Pakpak Barat dan Samosir,” ujar Henri Pardosi.

Ia juga menerangkan,”Surat suara yang kita terima ini terdiri dari 65 pack atau 128.671 lembar surat suara untuk calon Presiden dan wakil presiden dan 258 pack atau 128.671 surat suara untuk calon anggota DPD RI, sehingga total keseluruhannya 323 pack, dan tiap pack berbeda jumlah lembarnya.”

Kapolres Tobasa AKBP.Agus waluyo, Ketua KPU Henri Pardosi, Kabag ops polres tobasa Kompol Jhonson butar butar dan Kapolsek Balige AKP Ruben Manalu saat menyaksikan proses pemindahan kertas suara dari truk menuju gudang KPU Tobasa.

Surat suara ini nantinya akan disortir terlebih dahulu untuk melihat dan memastikan jumlah lembaranya, kemudian apakah terdapat kerusakan salah cetak, sobek, terkena tinta dan lain sebagainya.

“Setelah itu barulah kertas suara tersebut dilipat sesuai dengan peruntukannya, kemudian kita distribusikan ke 16 ppk, selanjutnya setelah di ppk, didistribusikan ke 244 PPS desa/ kelurahan yg ada di Tobasa, kemudian dari PPS didistribusikan ke 628 TPS,” terangnya.

Kapolres Tobasamosir AKBP Agus waluyo Sik saat menyaksikan proses pemindahan surat suara dari truk ke gudang penyimpanan kertas suara, kepada ketua KPU dan jajarannya kapolres meminta agar lokasi tempat penyimpanan kotak suara benar benar steril, dan pada saat melakukan pelipatan nantinya petugas yang melakukan pelipatan kertas suara harus terlebih dahulu dilakukan penggeledahan baik saat masuk maupun keluar ruang pelipatan.

“Tidak boleh memakai jam, cincin apalagi membawa tas dan hp kedalam ruangan saat melakukan pelipatan kertas suara,” tegas Kapolres. (Abdi.S)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *