Polisi Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2019 Aman dan Damai

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Palangka Raya – Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol. Hendra Rochmawan SIK MH , mengimbau masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu negatif. Masyarakat pun diminta untuk mencerna kembali isu-isu yang didapat.

“Dicerna dulu kalau ada yang negatif atau yang provokatif, enggak nyaman, kemudian klarifikasi lihat sumber lain. Lalu berpikir secara rasional,” katanya saat diwawancarai di Ruang Bhidhumas Polda ,Jumat (22/3/2019) Pukul 10.30 WIB .

Menurutnya, saat ini masyarakat dapat bebas mengakses atau membuat konten di media sosial. Terlebih, hal tersebut didukung oleh kemajuan teknologi dan informasi.

“Sekarang kebebasan berbicara, berpendapat, dan lain-lain. Perkembangan informasi dan teknologi sangat luar biasa. Media sebagai pilar keempat demokrasi termasuk media sosial,” jelasnya.

Meski demikian, kebebasan berbicara atau berpendapat harus tetap pada koridornya, yaitu informasi yang didapat harus dikonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya sebelum disebarluaskan.

“Bukan berarti bisa bebas-sebebasnya menyampaikan informasi, memprovokasi atau kata-kata bohong. Berita bohong hoax yang dapat membelah pecah bangsa itu tidak boleh terjadi karena bangsa kita ini sangat beragam,” jelasnya.

Untuk itu, Hendra mengimbau masyarakat lebih selektif dalam menyampaikan atau mendapat informasi baik melalui media konvensional maupun media sosial untuk menghindari adanya tindak provokasi yang bisa memecah belah bangsa.

“Jangan mudah mencerna info yang masuk dari media sosial. Masyarakat juga jangan mudah menyebarkan info yang tidak benar, mari kita ciptakan pemilu damai 2019 dengan suasana aman dan kondusif,” tandasnya.

 

Tedy/Abimanyu

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *