Ini Pencapaian Kinerja Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat Triwulan Pertama

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Dalam pencapaian kinerja kerja selama Bulan Januari sampai Maret 2019, Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat telah melaksanakan fungsi pengawasan dan penindakan keimigrasian.

Sesuai pasal 75 ayat (1) undang undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian, pejabat imigrasi berwenang melakukan tindakan administratif keimigrasian terhadap orang asing yang berada di wilayah indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut di duga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang undangan.

Bacaan Lainnya

Tindakan administratif keimigrasian sebagaimana dimaksud undang-undang pasal 75 ayat (2) huruf d dan f dapat berupa keharusan untuk bertempat tinggal di suatu tempat tertentu; dan deportasi dari wilayah Indonesia.

Penindakan keimigrasian tersebut telah dikenakan kepada warga negara asing sebanyak 21 tindakan administratif keimigrasian,antara lain berupa pendeportasian yang terdiri atas warga Negara Uzbekistan, Timor Leste, Nigeria, Tiongkok, Korea Selatan, Suriah, dan Australia.

Tindakan administratif keimigrasian lainnya yang telah dilakukan oleh kantor imigrasi kelas 1 Jakarta Barat berupa pemindahan deteni kerumah detensi imigrasi pusat Tanjung Pinang sebanyak 5 warga negara asing yang terdiri atas warga negara Tiongkok dan Nigeria.

Pemindahan detensi tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 6 tahun 2011 pasal 83 ayat (1) huruf a yang berbunyi pejabat imigrasi berwenang menempatkan orang asing dalam rumah detensi imigrasi atau ruang detensi imigrasi jika orang asing tersebut berada di wilayah Indonesia tanpa memiliki ijin tinggal yang sah atau memiliki ijin tinggal yang tidak berlaku lagi ,dan huruf d yang berbunyi menunggu pelaksanaan deportasi.

Selain tindakan administratif keimigrasian, terdapat juga 3 orang warga negara asing yang sedang dalam proses pro justitia karena di duga melanggar undang undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian karena saat diperiksa petugas, yang bersangkutan tidak dapat menunjukan dokumen perjalanan dan ijin tinggal yang sah.

Selain penindakan keimigrasian berupa tindakan administratif keimigrasian dan proses pro justitia, bidang intelijen dan penindakan kantor imigrasi kelas 1 Jakarta Barat juga mempunyai fungsi pengawasan terhadap warga negara asing didaerah kerja Jakarta Barat.

Satu diantara wujud peningkatan pengawasan warga negara asing adalah telah dilaksanakan rapat penguatan tim pengawasan orang asing se kecamatan wilayah kota administrasi Jakarta Barat menjelang pemilihan umum 2019 di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta Barat pada selasa (19/03/2019).

Rapat yang dibuka oleh kepala divisi keimigrasian kantor wilayah Kementrian Hukum dan Ham DKI Jakarta, serta dihadiri oleh camat, kepala kepolisian sektor dan komandan rayon militer di wilayah kerja kantor imigrasi kelas 1 Jakarta Barat ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama antar instansi anggota tim pengawasan orang asing demi mewujudkan pengawasan warga negara asing yang lebih optimal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat Lumaksono, S.H, M.H berharap capaian kinerja ini dapat dipertahankan dan terus di tingkatkan dalam rangka pelaksanaan fungsi keimigrasian dalam penegakan hukum di tanah air.(BS)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *