Mantul! Warga Desa Sukajaya Semangat Gotong Royong Buka Jalan Usaha Tani

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Gotong royong merupakan kultur budaya dan fhatneralistik yang menjadi kunci utama untuk keberhasilan dalam membangun prasarana desa.

Seperti Gotong royong yang digerakkan oleh Kepala Desa Sukajaya, Kecamatan Sobang, Lebak, Banten dalam upaya membuka Jalan Usaha Tani (JUT) pada, Jumat (22/03/2019).

Bacaan Lainnya

Program Jalan Usaha Tani (JUT) yang diprakarsai oleh Dinas Pertanian kabupaten lebak dengan Anggaran 89.000,000 Untuk pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 1000x2meter merupakan akses menuju areal Blok cibuluh terdapat hamparan lahan sawah seluas 50Hektare milik warga desa Sukajaya, Kecamatan Sobang, Lebak.

Program JUT dengan anggaran sebesar 89.000,000 dikelola langsung oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa sukajaya tentu saja relatif kecil.

Namun, seperti dikatakan Andi Selaku Ketua Gapoktan, hal tersebut dianggap bukan persoalan selama semua warga bersedia mendukung program pembangunan jalan usaha tani.

“Kami sudah bermusyawarah bersama warga bagaimana caranya program ini harus berjalan supaya manfaatnya bisa dirasakan bersama,” ucap Andi.

Banyaknya persoalan program-program yang mangkrak itu lantaran terjebak pragmatis dan serba instan berujung pada pemikiran ingin meraup untung tanpa memikirkan hasil dan manfaat dari program itu sendiri.

Kepala Desa (Kades) Sukajaya, Sutisna yang ditemui dilokasi saat dirinya mengikuti gotong royong bersama warga mengatakan, “Program JUT bakal seperti mimpi karena warga tidak percaya jika nanti kendaraan bakal bisa masuk kelahan sawah mereka dan disisi lain warga saya juga bakal merasakan manfaat yang luar biasa.”

Masih kata Sutisna, “Soal kekompakan desa kami memang masih cukup baik. Masyarakat desa sukajaya bukan cuma kompak pada urusan gotong royong saja, tetapi banyak urusan lain sesama masyarakat yang saling mengayomi antara satu sama lain,” pungkasnya. (Ubay)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *