Deklarasi Pemilu Damai di Mimika Usung Tema Siap Menang Siap Kalah

by -66 views

MITRAPOL.com, Timika – Gegap gempita dan riuh gemuruh pesta demokrasi kini mulai terasa, Pemilu damai kembali dikumandangkan oleh peserta dan Penyelenggara demi terlaksananya pesta demokrasi yang luber dan jurdil sesuai amanah UUD 1945.

Seperti halnya deklarasi Pemilu damai yang diselenggarakan oleh penyelenggara yang menghadirkan peserta pemilu 2019 di Kabupaten Mimika, Papua bertempat di Graha Emeneme Yaware, Timika, Minggu, (24/03) dengan mengusung tema “Siap Menang dan Siap Kalah”.

Deklarasi damai ditandai dengan penandatanganan pakta integritas bersama oleh KPU, Bawaslu, Pemerintah, TNI/Polri, Forkopimda, FKUB dan Peserta Pemilu 2019 yang diwakili oleh ketua-ketua partai politik di Mimika, Papua.

Selain itu ikrar bersama juga diucapkan oleh ketua-ketua partai politik dihadapan seluruh undangan yang hadir yang intinya adalah berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil, Mereka juga berkomitmen melaksanakan pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, dan pemilu tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang.

Kapolres Mimika, AKBP. Agung Marlianto, SH, MH dalam sambutanya menyatakan, “Mari kita buktikan pada dunia bahwa Indonesia mampu menjadi negara demokratis yang bermartabat, dari 458 caleg (calon legislatif) hanya 35 orang yang akan merebut dan duduk di kursi DPRD Mimika.

Mari kita sampaikan opini-opini yang positif, kita jauhi Hatch Peech (ujaran kebencian), dan menghindari musuh besar saat ini yakni isu Hoax atau berita bohong.

Kapolres meminta agar pengguna media sosial untuk lebih berhati-hati dalam memosting sesuatu.

“Harap agar sebelum menshare sesuatu di medsos harus di sharing dulu, dicek kebenaranya sehingga tidak termasuk penyebar berita bohong nantinya”.

Kita harus buktikan agar pilkada ini berakhir dengan aman dan damai di Kabupaten Mimika. Pungkas Kapolres.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Mimika, Indra Ola Ebang menyatakan KPUD Mimika akan berusaha semaksimal dalam menjaga integritasnya sebagai penyelenggara dan tidak mudah digoyah oleh sistem yang dibangun oknum-oknum tertentu termasuk oknum caleg yang telah menjudge dirinya mampu menduduki kursi DPRD Mimika tanpa meraih suara terbanyak di pemilu.

“Kami (KPUD) menegaskan bahwa integritas KPU Mimika sebagai penyelenggara tidak bisa dijatuhkan oleh sistem atau adanya oknum-oknum yang ingin memenangkan dirinya ataupun kelompoknya dengan menggunakan kekuatan jalur lainya di pemilu 2019, bagi kami seluruh partai dan caleg yang ada adalah putra/putri terbaik di Kabupaten Mimika, sehingga tanggung jawab KPU yang diberikan kepada kami akan kami jalankan dengan sebaik-baikya, oleh karena itu hasil pemilu nantinya kita menjamin dan pastikan harus sesuai dengan hak yang sudah diperoleh dan dipercayakan oleh rakyat mimika”. Pungkasnya

Selain sambutan Kapolres Mimika dan Ketua KPU Mimika, adapun sambutan lainya yakni dari Bupati Mimika yang diwakili oleh Sekda Mimika, kemudian Ketua DPRD Mimika, dan Bawaslu Mimika, Papua.

Pantauan MITRAPOL, jalanya deklarasi pemilu damai kota Timika diwarnai hujan deras sehingga Pawai bersama yang sedianya dijadwalkan usai deklarasi terpaksa tidak dilaksanakan, sesuai kesepakatan bersama acara langsung dilanjutkan dengan jadwal kampanye partai politik.

 

Reporter : AQM

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *