Lipat Surat Suara Selesai, KPU Mimika Gencar Jalani Tiga Agenda

by -31 views
Ketua KPUD Mimika Indra Ola Ebang

MITRAPOL.com, Timika – Pemilihan umum 2019 dalam rangka pemilihan legislatif serta presiden dan wakil presiden hanya tinggal menghitung hari, terhitung kurang lebih tersisa 20 an hari berjalan, selanjutnya selain pihak keamanan dan peserta pemilu saat ini bersiap diri bagaimana dengan kesiapan dari pihak penyelenggara.

Salah satu penyelenggara di Kabupaten Mimika, Papua yakni KPUD Mimika, melalui ketua KPU nya, Indra Ola Ebang kepada MITRAPOL di Graha Emeneme Yaware pasca Deklarasi Pemilu Damai, Minggu, (24/03) membeberkan pekembangan pelipatan surat suara dan kesiapan KPU Mimika.

“(Perkembangan) Pelipatan surat suara saat ini sudah selesai, rencananya besok (senin, 25/03) akan kita (KPU) pindahkan ke sini (graha Emeneme Yaware).

Ketua KPU mengatakan pada saat pelipatan surat suara telah ditemukan adanya surat suara yang rusak.

“Kita temukan ada (surat suara) yang salah cetak, ada yang robek dan ada yang rusak tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, untuk jumlah total yang rusak belum diketahui, nanti setelah sampai disini (Gedung Emeneme Yaware) Kita sortir untuk mengetahui berapa jumlah totalnya, kemudian nantinya KPU mengirim surat ke pihak percetakan di Makassar, Suksel untuk dilakukan pergantian surat suara yang rusak” kata Indra Ola Ebang.

lain dari pelipatan surat suara, Ketua KPU Mimika, Indra Ola Ebang menyebutkan ada tiga agenda besar yang menjadi prioritas KPU Mimika dalam menyambut pemilu 2019 yang terhitung kurang lebih 20an hari lagi.

“Saat ini ada tiga agenda yang menjadi prioritas KPU Mimika, yang pertama adalah sosialisi, dari sekarang kita (KPU Mimika) akan masifkan kegiatan.

Yang ke-dua, kesiapan logistik, kita (KPU) Target dab harus pastikan bahwa semuanya sudah rampung dan siap di akhir bulan ini (maret 2019) semuanya sudah selesai.

Dan yang ke-tiga adalah konsolidasi sistem, Bagaiman kita (KPU) melakukan penguatan, bimbingan teknis advokasi kepada pihak PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk saat ini seluruh KPPS sudah dibentuk, khusus untuk anggota KPPS, KPU beri ruang untuk masyarakat agar memberikan saran maupun tanggapan sehingga nama-nama anggota KPPS yang ada apakah dapat diubah atau tidak nya”. Ujar Indra.

Dirinya juga menambahkan, “Ketika dalam beberapa hari kedepan tidak ditemukan adanya tanggapan dari masyarakat maka akan diterbitkan SK (Surat Keputusan) Anggota KPPS”. Pungkasnya.

Tercatat sebanyak 458 Calon Anggota Legislatif akan merebutkan 35kursi yang ada di DPRD Mimika, Papua.

 

Reporter : AQM

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *