Begini Upaya Pemkab Tobasamosir Tekan Angka Pengangguran

oleh -59 views
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tobasamosir, Drs.Tumpal Sianturi

MITRAPOL.com, Tobasamosir – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Tenaga Kerja terus berupaya menekan angka pengangguran di wilayahnya dengan melaksanakan berbagai kegiatan pelatihan kepada tenaga penganggur dan setengah penganggur, supaya bisa mencari kerja dan membuka usaha sendiri.

Anggaran kegiatannya bersumber dari APBD Kabupaten Tobasa dan APBN, serta pelatihannya juga dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Lapangan Kerja (BBPLK) Medan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tobasa kepada Mitrapol di ruang kerjanya, senin (25/03/2019).

“Kegiatan yang didanai APBD Tobasa Tahun 2018 yakni pelatihan Bahasa Jerman, pelatihan Bahasa Jepang, Tataboga, Montir sepeda motor, salon dan mejahit. Bekerjasama dengan BBPLK, yakni pelatihan Salon, Praktikal office (komputer) dan pelatihan bidang garmen. Kalau kegiatan yang didanai APBN tahun 2018 yakni pelatihan tenaga Kerja Mandiri di bidang kewirausahaan di Desa Patane V, Sibide Barat, Desa Sibuea dan di Desa Lumban Rau Selatan,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja Tumpal Sianturi didampingi bawahannya Zeprisal Tarigan.

Dengan dilakukannya pelatihan tersebut, diakuinya sudah ada peserta yang bekerja di perusahaan dan membuka usaha sendiri.

Menurut Tumpal, banyak tantangan mereka hadapi dalam perekrutan peserta kegiatan pelatihan.
“Kami selalu kesulitan mencari peserta, karena dari setiap calon peserta yang kami rekrut, selalu muncul pertanyaan apakah ada bantuan peralatan dan biaya transport atau tidak. Kalau tidak ada, mereka tidak bersedia,’ terangnya.

Karenanya, sebut Tumpal, pihaknya harus selalu memberi penjelasan dan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai media, diantaranya pengumuman tertulis dan radio.

Tantangan lainnya, katanya, pihaknya kesulitan dalam hal penempatan peserta yang sudah selesai mengikuti pelatihan, oleh karena lapangan kerja yang terbatas.

“Kalau untuk tahun 2019, kami melaksanakan pelatihan bahasa Korea, pelatihan salon, tataboga, menjahit,” tutup Tumpal Sianturi. (Abdi S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *