Program Bantuan UPPO di Kecamatan Sobang Sudah Berjalan Optimal

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak – Program bantuan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) yang dikelola oleh kelompok “Citratani” di Desa Sukajaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak secara progresif kini sudah mulai berjalan secara optimal.

Pantauan Mitrapol.com saat mengkroscek lokasi kegiatan program UPPO di desa Sukamaju pada Senin, (25/03/2019), alat Pengolah Pupuk Organik (APPO) dan fasilitas lain seperti kandang komunal, Kobak permentasi, Rumah kompos ditambah dengan obat-obatan lengkap untuk kebutuhan mengolah pupuk organik nampak sudah disiapkan secara lengkap sesuai mekanisme tercantum didalam juklak-Juknis program UPPO.

Bacaan Lainnya

Selain itu kabar miring’ terkait jumlah kerbau yang kurang dari 10 Ekor (baru 4 Ekor) kini sudah terjawab lantaran kerbau yang ada sudah sesuai dengan jumlah pengadaan yakni 10 Ekor.

Sukendar, Pengurus kelompok Citratani selaku pihak yang telah menerima bantuan UPPO tahun 2019 mejelaskan kepada Awak media.

“Memang seminggu lalu kerbau baru ada 8 Ekor disini masih kurang dua Ekor lagi, Itupun karena kami butuh waktu untuk mencari kerbau yang sesuai dengan kondisi hewan yang dianjurkan,” jelasnya.

Menurut Sukendar juga, Proses untuk pengadaan kerbau yang berkualitas itu lebih sulit dibanding mendirikan kandangnya.

“Selain itu pengadaan kerbau tentu saja harus setelah kandang tersedia sehingga kami baru bisa membeli 10ekor kerbau pada akhir batas waktu pengadaan,” ungkapnya.

Dirjen Tanaman pangan melalui program UPPO telah mengeluarkan dana dari Daftar Isian Pelakasaan Anggaran (DIPA) Tahun 2018 sebesar 200.000,000 rupiah untuk kelompok Citratani dalam kegiatan UPPO Tahun 2019 didesa Sukamaju kecamatan Sobang kabupaten Lebak-Banten.

“Program UPPO bertujuan untuk mengembangkan pertanian berbasis Organik,kami terus mendampingi kelompok Citratani,mengevaluasi apa saja kekurangan yang belum terpenuhi sesuai mekanismenya dan sejauh ini kegiatan UPPO sedang berjalan,” ujar Didin Rosidin, Pegawai dari Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) saat ditemui dikantor UPTD Pertanian kecamatan Sobang, Senin (25/03/2019).

Menurut Ketua koordinator Lembaga Aliansi Indonesia, Toni Ogan, kewenangan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan UPPO pada lingkup kabupaten/kota adalah Dinas tanaman pangan kabupaten Lebak.

“Saya berharap kelompok Citratani di kecamatan Sobang bisa mendapatkan pembinaan dan pelatihan khusus supaya kedepan bisa dijadikan kelompok UPPO yang maju dan bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya

Kelompok Citratani kini sudah mulai berjalan pada fase pengumpulan bahan baku dari kotoran kerbau untuk selajutnya pada tahap permentasi sampai tahap proses pembuatan pupuk organik. (Ubay)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *