Tingkatkan Kemampuan Personil, Polres Gowa Gelar Simulasi Olah TKP

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Gowa – Dalam rangka meningkatkan kemampuan personil jajaran Polres Gowa menggelar simulasi penanganan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) usai apel pagi dihalaman Mapolres Gowa, Senin, (25/03/2019)

Simulasi yang diperankan oleh Tim Inafis Polres Gowa ini pun dipimpin langsung oleh Kapolres Gowa AKBP. Shinto Silitonga, dan turut diikuti oleh para pejabat utama serta sejumlah personil lainnya.

Bacaan Lainnya

“Penanganan olah TKP dengan benar harus diketahui dengan jelas oleh personil, khususnya pada bagian Inafis,” terang Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga.

“Dimana Setiap personil agar tahu harus bertindak apa saat berada di TKP, khususnya yang terpenting adalah menjaga status quo sebelum dilakukan olah TKP,” lanjutnya.

Pelaksanaan simulasi ini pun dibuat secata nyata dengan memainkan dua adegan sekaligus, diantaranya penanganan olah TKP terhadap kasus pengrusakan TPS serta kasus pembunuhan.

“Kemurnian sebuah TKP adalah hal terpenting, agar analisa yang dilakukan terhadap hasil olah TKP juga dapat berjalan baik,” tambah Kapolres.

Kapolres pun memimpin langsung setiap alur dalam penanganan olah TKP secara jelas.

“Sejatinya olah TKP adalah berawal dari pandangan umum suatu TKP, kemudian dilanjutkan dengan pandangan khusus atau spesifik yang kemudian dituangkan dalam berita acara olah TKP,” ujarnya.

Produk administrasi dalam penanganan olah TKP pun tak luput diingatkan oleh Kapolres agar selalu dilengkapi oleh setiap personil sebelum melakukan olah TKP.

“Inilah kekuatan dari Scientifik crime Investigation (penyidikan berbasis ilmiah), dimana temuan melalui olah TKP adalah temuan ilmiah yang dapat dijadikan alat bukti dalam pengungkapan sebuah kasus,” tegas nya.

Dalam acara pelatihan tersebut terlihat para personil jajaran Polres Gowa sangat serius dan bersemangat melakukannya. (Mir)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *