50 Aparatur Desa di Tobasamosir Ikuti Sosialisasi Tata Kelola Kearsipan

oleh -58 views
Para peserta sosialisasi tata kelola kearsipan tampak serius mengikuti kegiatan yang disampaikan oleh narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta.

MITRAPOL.com, Tobasamosir – Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memberikan sosialisasi atau pendampingan tentang tata kelola kearsipan kepada 50 aparatur desa di gedung Sentra Pemuda, Jalan Pelajar Soposurung, Balige, Selasa-Rabu (26-27/03/2019).

Ke 50 peserta yakni para Sekretaris Desa (Sekdes) dan Sekretaris Lurah (Seklur) dari 3 kecamatan yakni Kecamatan Laguboti, Sigumpar dan Porsea.

Loading...

Untuk memberikan pemaparan materi tentang Tata Kelola Kearsipan baik secara teori dan praktek (simulasi), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tobasa menghadirkan Kasubdit Daerah II A, Majuni Susi S.Sos dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Wilker Siahaan menyebutkan, sosialisasi dilaksanakan oleh karena kelengkapan arsip amat penting, sebab arsip merupakan rekaman dari semua realisasi APBD atau APBN yang sudah dilaksanakan.

Dikatakan dengan adanya sosialisasi / pendampingan, para Sekdes/Seklur dapat memahami, mengerti serta melaksanakannya secara efektif. Sehingga tata kelola kearsipan tertib, lengkap dan baik sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku terwujud.

Mengenai peserta yang mengikuti sosialisasi, Wilker menjelaskan tidak bisa secara keseluruhan sekdes/seklur se Tobasa dibekali akibat keterbatasan anggaran. Maka diakui sosialisasi dilaksanakan secara bertahap.

“Tahun 2018 lalu, kami sudah melaksanakan tahap I. Pesertanya sekdes/seklur 2 kecamatan yakni Kecamatan Tampahan dan Balige. Tahun ini 3 kecamatan yakni Laguboti, Sigumpar dan Porsea,” ujarnya di Gedung Sentra Pemuda Soposurung Balige, Rabu (27/03/2019).

Asko Pasaribu, ketua Kelompok diskusi dari kecamatan Laguboti saat memberikan saran pendapat pada diskusi kelompok sosialisasi tata kelola kearsipan di gedung Sentra Pemuda.

Pantauan di lokasi, selesai pemaparan secara teori, narasumber melakukan simulasi dan tanya jawab. Seluruh peserta terlihat atraktif untuk melakukan tanya jawab untuk lebih melengkapi pemahamannya masing-masing.

Sekdes Desa Haunatas II Asko Pasaribu ketika dikonfirmasi di lokasi kegiatan mengatakan, menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan tersebut, karena dengan kegiatan ini kami bisa belajar dan memahami tentang tata kelola kearsipan yang benar dan berharap kegiatan ini berkelanjutan ” ujar Asko pasaribu.

Acara sosialisasi tersebut dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Setdakab Tobasa Parulian Seregar, Selasa (26/03/2019) dan ditutup Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Wilker Siahaan pada Rabu (27/03/2019) sore. (Abdi.S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *