Lima Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Debat Capres Putaran Keempat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Sebanyak lima ribu personel gabungan siap mengamankan debat calon presiden (capres) putaran keempat yang akan mempertemukan capres nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto pada 30 Maret 2019 mendatang di Hotel Shangrila, Jakarta.

“Sesuai jadwal KPU bahwa nanti tanggal 30 maret dilaksanakan debat capres selanjutnya yang keempat di Hotel Shangrila. Dengan adanya surat KPU itu, Kepolisian bertanggung jawab melakukan pengamanan dan sudah rapat koordinasi dengan KPU dan TNI. Sebanyak lima ribu personel gabungan TNI, Polri dan unsur Pemda,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Argo Yuwono di Jakarta, Kamis (28/03/2019).

Bacaan Lainnya

Adapun dalam pengamanan, kata Argo, dalam perencanaannya lima ribu pasukan itu akan dibagi ke empat fase pengamanan (ring), mulai dari ring satu hingga empat.

Ring satu, kata Argo, berada di dalam lokasi kegiatan debat yang dijaga oleh Satuan Paspampres yang juga dilengkapi dengan sterilisasi untuk menjaga capres, tamu VIP dan undangan pendukung capres masing-masing.

“Tentunya semua pasti sesuai kapasitas ruangan. semuanya orang yang mau masuk itu kita cek. ada id card yang sudah dikeluarkan oleh KPU. dengan id card itulah boleh masuk disana,” katanya.

Kemudian ada ring dua yang lokasinya di luar dari ruangan debat hingga ke fasilitas parkir bawah tanah yang dijaga oleh TNI dan Polri.

Lalu ring tiga berada di sekitar titik masuk hotel, jalan di depan hotel yang dijaga oleh anggota Kepolisian.

Sementara di ring empat, berlokasi di jalan menuju ke lokasi debat yang diamankan oleh kepolisian.

“Di ring empat juga kita atur jangan sampai ada kemacetan yang panjang. Ditlantas akan menggunakan kekuatannya untuk mengatur. Nanti ditempatkan diberbagai titik jangan sampai ada kemacetan,” ujar Argo

Akan tetapi, apakah nantinya akan ada pengalihan arus, kontraflow, buka tutup arus atau rekayasa lalu lintas lainnya, Argo mengatakan hal tersebut adalah wewenang Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

“Itu situasional ya dan yang lebih tahu serta ahli adalah Dirlantas,” ujarnya.

Selain pengamanan di sekitar lokasi, Argo menyebut, personel gabungan di luar pengamanan lokasi juga akan melakukan patroli gabungan utamanya di setiap Polres di Polda Metro Jaya.

“Tujuan pengamanan debat ini kan agar kegiatan berjalan aman, lancar, tertib dan tentunya selain dari lokasi kami juga melakukan kegiatan kegitan seperti patroli kami libatkan TNI,” tutupnya. (*)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *