Polres Tanggamus Bersama Instansi Terkait Gelar Penyuluhan Hukum Terpadu

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Tanggamus – Polres Tanggamus memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat di Aula Pekon Air Naningan Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Kamis (28/03/2019).

Penyuluhan hukum dilaksanakan secara terpadu bersama Bagian Hukum Pemda Kabupaten Tanggamus dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus serta stakeholder terkait.

Bacaan Lainnya

Kabag Sumda Polres Tanggamus Kompol Rinaldi Eka Saputra, SH. MH melalui Paur Subbag Hukum Bripka Alpian Junaidi mengatakan bahwa penyuluhan hukum yang disampaikannya yakni terkait Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik ( UU ITE).

Adapun peserta terdiri dari aparatur pekon, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta unsur masyarakat Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus.

Penyuluhan hukum dimaksudkan agar masyarakat memahami tentang pelanggaran UU tersebut, sebab internet saat ini bukan hal yang tabu. Bahkan internet mencapai tingkat pedesaan.

“Tujuannya, agar masyarakat memahami dan tidak terjerat hukum terkait penggunaan internet. Serta terhindar sebagai pelaku atau korban hoax,” kata Bripka Alpian.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanggamus David P. Duarsa, SH. MH mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan materi yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yogi Prancis Taufik.

“Adapun materi yakni kecenderungan anak melanggar hukum,” kata David melalui sambungan telepon.

Terpisah menurut Kabag Hukum Arif Rahmat, SH. penyuluhan hukum dilaksanakan secara terpadu dengan narasumber Kepolisian, Kejaksaan, BPN, Pengadilan Agama dan Bagian Hukum.

Selain dilaksanakan di Kecamatan Air Naningan juga di Kecamatan Bulok, dimana untuk Bulok sendiri sudah dilaksanakan pada dua minggu yang lalu.

“Melalui kegiatan penyuluhan, kami berharap masyarakat bisa menyerap materi yang disampaikan oleh nara sumber, masyarakat lebih mengetahui dan memahami serta menyebarkan ke masyarakat lainnya, sehingga masyarakat lebih taat hukum. Terlebih dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, jangan sampai masyarakat terjebak ke dalam pelanggaran hukum yang ada,” kata Arif Rahman melalui pesan Whatsapp. (Deni Andestia)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *