Sampah Menumpuk Lagi, Dinas LH Kota Metro Lampung Setengah Hati Tangani Sampah

  • Whatsapp
Ketua LSM Patriot Indonesia Agus Saputra, SH ketika meninjau lokasi sampah di Jalan Veteran Kota Metro Lampung perbatasan dengan wilayah Kab. Lampung Tengah. Rabu 27/03/19 (foto : Muktaridi)

MITRAPOL.com, Metro/Lampung – Tumpukan sampah terlihat diwilayah Metro Utara Jalan raya menuju Punggur perbatasan dengan Kabupaten Lampung Tengah dan di Jl. Veteran Kota Metro. Tim Mitrapol melihat langsung lokasi, Rabu (27/03/19).

Sepertinya Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Provinsi Lampung setengah hati dalam penanganan sampah yang ada di Kota Metro Lampung ini.

Sebelumnya Mitrapol telah berulang kali memberitakan masalah sampah ini, untuk mengetahui sampai dimana penanganan dan solusi dari Dinas LH Kota Metro Lampung terkait adanya tumpukan sampah di dua lokasi wilayah perbatasan Kota Metro Lampung ini, mitrapol berusaha menemui Kadis LH Kota Metro Lampung Ir. Eka Irianta namun Kadis LH sulit ditemui karena selalu sedang dinas luar.

Menurut salah satu warga di Jl. Veteran menjelaskan kepada Mitrapol dampak adanya tumpukan sampah itu yang menyebarkan bau tidak sedap dan menimbulkan berbagai penyakit.

“Kami warga disini sangat tidak nyaman dengan bau sampah itu, apalagi jika hujan baunya busuk sekali. Jika air sungai meluap sampah itu masuk sawah kami. Memang kemarin sudah di pagar tetapi tidak sampai ujung dan sampah tidak diangkut hanya ditimbun tanah. Sekarang ada yang buang sampah lagi.” Ujarnya.

Artinya dalam permasalahan ini Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Provinsi Lampung tidak bisa mencari solusi bagaimana masyarakat sadar tidak akan membuang sampah kedua lokasi tersebut.

Fakta dua lokasi pembuangan sampah liar yang ditemui dilapangan adalah, 1. Lokasi pembuangan sampah yang berada diperbatasan wilayah Metro Utara ini hanya dipasangi baner himbauan dilarang membuang sampah. 2. Lokasi pembuangan sampah di Jl.veteran di pagari Bambu namun tidak seluruhnya dan dipasangi baner himbauan, namun sampah tidak diangkut hanya ditimbun tanah.

Dalam hal ini Ketua LSM Patriot Indonesia Kota Metro Lampung Agus Saputra SH mengatakan, “kami akan melaporkan permasalahan ini ke Inspektorat ( APIP ) Kota Metro terkait penanganan sampah ini. Karena sebelumnya Kadis LH Kota Metro Lampung telah melakukan pembohongan publik.”

Dijelaskannya, Pembohongan publik itu dengan adanya pernyataan bahwa pemilik lahan lokasi sampah ilegal membawa golok ketika petugas sampah akan memembersihkan. Namun faktanya setelah Tim Mitrapol mendatangi kediamannya menyangkal pernyataan tersebut. Kami berharap jangan sampai ini terulang lagi. Masyarakat saat ini khususnya warga Kota Metro perlu bukti hasil kerja nyata bukan janji palsu, tutup Agus.

 

Muktaridi

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *