Bawaslu Mimika gandeng media awasi pemilu 2019

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi peran serta media dalam pengawasan pemilu 2019 bertemakan “Pengawasan Partisipatif Kampanye Melalui Media Massa”.

Sosialisasi tersebut menghadirkan perwakilan Media Massa yang ada di Kabupaten Mimika, Papua. Bertempat di Hotel Horison, Jalan Hasanuddin, Timika, Minggu (31/03).

Ketua Bawaslu Mimika, Yonas Yanampa, S.Psi diwakili oleh Toni Lehander Agapa, selaku koordinator divisi hukum data dan informasi Bawaslu Mimika dalam sambutanya saat membuka sosialisasi menyatakan.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 saat ini berbagai tahapan dari kami (Bawaslu) sedang berjalan, dirinya mengapresiasi media massa yang ada di mimika yang telah ikut partisipasi dalam menyampaikan informasi terkait pemilu 2019 dan berbagai tahapan yang telah dikerjakan oleh Bawaslu Mimika, bahkan dirinya menyatakan siap menggandeng Media untuk bersama mengawal jalanya Pemilu 2019.

“Kami (Bawaslu) bangga dengan kehadiran kalian (Media) dan kami rasakan kalian sangat membantu kami dalam berbagai tahapan terutama sosialisasi, mewakili ketua bawaslu kami harapkan hal ini terus berjalan,” kata Toni

Dirinya menambhkan, “kami sangat mengharapkan kehadiran dan kerja sama Media untuk membantu kami dalam berbagai informasi, peran media di mimika baik media mainstream, media cetak, maupun media online selama ini telah bekerja dengan baik, Kami (Bawaslu) tidak bisa berdiri sendiri, Melalui momen ini (sosialsi) kami sangat mengharapkan masukan dan kritikan dari rekan-rekan pers agar proses demokrasi nantinya berjalan sesuai harapan kita bersama,” pungkasnya

Sementara itu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Budiono dalam materi sosialasi yang disampaikan menyatakan, hingga saat ini belum ditemukan adanya Media Massa di Mimika yang melakukan pelanggaran terkait Pemilu 2019.

“Saat ini kami sampaikan terkait iklan kampanye, Media sudah boleh menayangkan Iklan Kampanye namun harus berimbang dalam penayangan dan sesuai durasi maupun ukuran tayang yang sudah ditetapkan.

hingga saat ini kami (bawaslu) bekerja sama dengan TIM Cyber Polri belum menemukan adanya pelanggaran dari media di Mimika terkait pemilu 2019”. Beber Budiono saat menjelaskan peran serta media dalam pengawasan pemilu 2019.

Ditempat yang sama, Imanuel waromi, selaku divisi penindakan dan pelanggaran menyatakan Bawaslu Mimika siap bersinergi dan terbuka dengan Media Massa di Mimika, Papua.

“Berbagai informasi yang diberikan jangan sampai dapat memicu konflik di masyarakat sehingga terkadang ada hal yang tidak harus kami publikasikan, Walau demikian, kami (Bawaslu) pada dasarnya terbuka dengan media karena kita ingin masyarakat tahu bahwa proses pemilu ini berjalan dengan baik,” ujarnya

Dirinya juga mengapresiasi media di mimika yang sudah turut memberikan informasi kepada masyarakat, “Kalian sangat luar biasa dan kami sangat berterimakasih atas pemberitaan dan pencerahan yang selama ini diberitakan sehingga sejauh ini semua prosesnya (kegiatan bawaslu) berjalan dengan baik,” Tutupnya

Dalam jalanya Sosialisasi Penanganan Pemilu 2019 Bawaslu Mimika juga dapat masukan maupun kritikan serta pertanyaan dari perwakilan media yang hadir terhadap kinerja bawaslu Mimika yang telah berlalu dan akan datang.

 

Reporter : AQM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *