Indonesia Mengajar bersama Disdikbud Nunukan gelar Forum Diskusi pendidikan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Pendidikan merupakan sektor paling penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan kearah yang lebih baik.

Penyelenggara pendidikan harus mampu mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya.

Indonesia Mengajar (IM) merupakan sebuah lembaga nirlaba yang merekrut, melatih, dan mengirim generasi muda terbaik bangsa ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi sebagai Pengajar Muda (PM) di Sekolah Dasar (SD) dan masyarakat, mereka rela meninggalkan kampung halaman dan keluar dari zona nyamannya untuk mengabdikan diri mereka demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan anak bangsa Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H. Junaidi SH

Gerakan Indonesia Mengajar adalah inisiatif masyarakat yang berani memajukan pendidikan mulai dari pelosok Indonesia. Dari tahun ke tahun, Indonesia Mengajar tumbuh dan terusbekerja bersama ribuan relawan yang terjun langsung, ambil bagian demi pendidikan di Indonesia.

Memasuki tahun ke 4 hadirnya Indonesia Mengajar di kabupaten Nunukan dimana telah banyak memberikan manfaat yang cukup luar biasa bagi dunia pendidikan di Indonesia khususnya daerah-daerah pedalaman di kabupaten Nunukan.

Untuk memperbaiki sistem dan program yang telah di jalankannya, Indonesia Mengajar melakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan menyatuhkan seluruh unsur element masyarakat yang bergerakan dalam Pendidikan serta pemerintah daerah kabupaten Nunukan, untuk duduk bersama dalam Forum Diskusi Penggerak Pendidikan Nunukan yang diadakan di ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan beberapa hari yang lalu.

Forum Diskusi Penggerak Pendidikan Nunukan mengambil tema Membangun Nunukan melalui pendidikan sebagai bentuk kerja nyata yang dilakukan IM selama 4 tahun di Kabupaten Nunukan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan H. Junaidi SH, dalam Sambutanya mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nunukan khususnya pemerintah daerah kabupaten Nunukan berterima kasih kepada Indonesia Mengajar yang hadir di wilayah kabupaten Nunuka, kami berterima kasih sudah membantu berperan serta dalam mewarnai dunia pendidikan demi kesejahteraan dan kecerdasaan anak-anak bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Nunukan ini.

H. Junaidi SH juga memberikan penghargaan kepada para penggerak pendidikan yang selama ini terus memberikan sumbangsihnya terhadap Dunia Pendidikan Kabupaten Nunukan.

Sementara Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid dalam sambutanya yang dibacakan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat H. Hanafiah menjelaskan, membangun karakter bangsa adalah tugas dan inti pokok tujuan pendidikan, oleh karena itu pendidikan mempunyai tugas penting, pertama adalah menciptakan pribadi-pribadi yang berkarakter kuat, baik secara moral maupun kultural.

Secara moral dalam arti mempunya integritas yang kuat, sedangkan secara kultural dalam arti mempunyai landasan budaya pribadi dan sosial untuk mencapai kemajuan namun masih berpijak pada karekter msyarakat dan bangsa.

Kami sampaikan pula bahwa pemerintah Kabupaten Nunukan akan terus berupaya mengembangkan pendidikan dengan memberikan layanan pendidikan sebaik-baiknya kepada semua peserta didik, serta membekali mereka dengan pengetahuan, keterampilan dan keahlian agar mereka mampu menjadi generasi masa depan yang mampu menjawab tantangan jaman serta memajukan dan mengangkat harkat serta martabat bangsa.

 

 

Kom/Yusup

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *