Masyarakat Palangka Raya diimbau waspada bahaya kebakaran

  • Whatsapp
Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palangka Raya Walter, S.Sos.

MITRAPOL.com, Palangka Raya – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya untuk lebih berhati-hati terhadap bahaya kebakaran.

Kabid Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Palangka Raya Walter, S.sos. saat ditemui Mitrapol.com, Senin (1/4/2019) mengatakan, untuk mencegah kebakaran terjadi masyarakat harus memperhatikan beberapa hal yang langsung bersentuhan dengan aktivitas sehari-hari baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan dan diluar lingkungan sekitar.

Muat Lebih

“Saat menggunakan kompor minyak jangan meninggalkan kompor dalam keadan menyala, matikan kompor saat mengisi minyak, dan apabila saat terjadi ledakan basahi kain (handuk, karung goni, horden) tutup permukaan kompor yang menyala,” ujarnya.

Selain itu penggunaan kompor gas harus memasang klen dengan erat dan kuat dan harus memeriksa slang, klan, regulator dan tabung secara teliti. Dan juga harus membersihakan kompor gas secara rutin dari tumpahan minyak yang melekat.

Lebih lanjut, Walter mengtakan apabila terjadi ledakan lanjutnya, maka padamkan kebakaran dengan keset atau karung goni dan jangan panik. Segeralah melepas regulator dari tabung gas dan bawa ke ruangan terbuka.

“Untuk urusan listrik jangan tumpuk steker listrik di saklar atau terminal karena akan timbulkan beban panas yang berlebihan. Jangan lupa untuk matikan semua alat elektronik seusai digunakan dan apabila membuang puntung rokok jangan dibuang di lahan kering atau tempat sampah,” pungkasnya. (Abimanyu/Tedy)

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *