Wawancara khusus dengan General Manager (GM) Pelindo Cabang Nunukan Muhammad Ilyas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) atau sering dikenal dengan Pelindo adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang logistik, secara spesifik pada pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

Pelindo menjadi salah satu BUMN strategis dimana seluruh pelabuhan yang dikelola memiliki posisi yang signifikan dalam keterhubungan jaringan perdagangan Internasional berbasis transportasi laut.

Pelindo mempunyai Visi menjadikan perusahaan yang bernilai dan berdaya saing tarik tinggi melalui proses dan pelayanan unggul dan Misi menjadikan jasa pelabuhan yang berintegrasi berkwalitas dan bernilai tamba serta menjadi Pengerak pendorong pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tengah dan Timur.

General Maneger (GM) Pelindo Cabang Nunukan Muhammad Ilyas

Berikut wawancara reporter mitrapol.com dengan General Maneger (GM) Pelindo Cabang Nunukan Muhammad Ilyas diruang kerjanya. Senin (1/4/19).

mitrapol : Apa yang dilakukan Pelindo untuk memajukan Pelabuhan yang ada perbatasan Negara ?

Pelindo : Diperluhkan tata ruang yang komprehensif termasuk membangun pelabuhan dan dermaga yang Moderen dibarengi dengan sumberdaya manusia yang tanggu dan profesional.

 

mitrapol : Bagaimana memberikan pelayanan sehingga penguna jasa kepelabuhanan merasa nyaman?.

Pelindo : Pelindo cabang Nunukan bukan hanya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya tapi kita juga mengutamakan pelayanan yang baik.

Wawancara reporter mitrapol.com dengan General Maneger (GM) Pelindo Cabang Nunukan Muhammad Ilyas diruang kerjanya. Senin (1/4/19).

mitrapol : Kenapa dipintu masuk Pelabuhan itu pasangi alat portal E-Pass

Pelindo : Alat itu namanya Portal E-Pass suatu alat Elektronik yang modern, selama ini kita menggunakan sistem manual, kita merubah system, dari pola lama menjadi sistem yang mederen, layaknya seperti bandara atau di jalan tol, perlahan lahan meninggalkan sistem manual.

Kedepan kita akan menggunakan alat itu, tidak lagi dengan sistem manual, semua sistem moderen walaupun kita berada diujung dan teras bangsa tapi kita telah mengunakan alat dengan sistem komputerisasi.

 

mitrapol : Menurut bapak, pemasangan Portal E-pass berapa persen terjadi peningkatan pendapatan ?

Pelindo : Pemasangan itu bukan semata mata meningkatkan pendapatan, kita lebih utamakan yang namanya sistem aturan dan pelaksanaan yang tertib dan akurtabel agar tidak ada lagi penyimpangan, karena dengan system manual artinya kalau bersentuhan langsung dengan anggota yang lain, tidak menutup Kemungkinan adanya penyimpangan, tapi kalau sudah menggunakan sistem elektronik tidak ada lagi penyimpangan.

 

mitrapol : Apakah semua Pelabuhan diseluruh Indonedia sudah menerapkan siatem E- pass ini ?.

Pelindo : Kedepannya semua harus, pemasangan Portal E-pass di Nunukan kita sudah mulai uji coba sejak akhir tahun 2017 namun pemberlakuannya baru efektif tahun 2018, untuk Kaltim dan kaltara baru Nunukan yang menggunakan E-pass, sementara Pelabuhan Tarakan tahun 2019 sedang uji, Pabuhan dibawah Pelindo IV ada lima pelabuhan yang akan kita lakukan seperti ini.

 

mitrapol : Setelah adanya sistem elektronik Portal E-pass dilakukan oleh Pelindo Nunukan?.

Pelindo : Salah satunya seperti ini, mungkin melihat dari pelabuhan kita juga akan dipasang oleh pemerintah daerah kabupaten Nunukan melalui dinas perhubungan dipelabuhan Lie Mijung juga sudah dipasang.
.

mitrapol : Apa kelebihan pengunaan Portal E- Pass dibanding dengan sistem manual ?.

Pelindo : Mengunakan alat Elektronik Portal E-Pass tujuannya untuk mengurangi penyimpangan penyimpangan dan sebagainya, begitu juga nantinya kalau dermaga yang baru nantinya sudah diresmikan tidak boleh memarkir didalam pelabuhan terlalu lama, sistem cas seperti di Mall semakin lama semakin besar biaya parkirnya.
Sarana prasarana di terminal penumpang sedang dalam tahap finishing, kita akan lengkapi semuanya dengan prasarana yang modern, layaknya seperti bandara, kita akan benahi semuanya termasuk interior dalam terminal dan kedepannya nanti akan lebih tertata dan pelayanan menjadi lebih baik juga.

 

mitrapol : Apakah didalam pelabuhan nanti ada zona bongkar muat barang dan zona penumpang ?.

Pelindo : Pasti ada pembagian zona Karena nanti gate 2 itu khusus kegiatan penumpang pengantar penjemput disitu jadi tidak tercampur dengan kargo, mulai dari situ pintu dua akan mengunakan namanya knopi sampai di terminal penumpang.

 

mitrapol : Apakah sarana prasarana didalam dermaga penumpang dilengkapi dengan sarana untuk kenyaman penumpang ?

Pelindo : Insyak Allah kita akan rancang dermaga kita layaknya seperti di bandara pengaman di terminal penumpang itu full AC ada eskalator didalamnya nanti itu di lantai dua ada caffe tempat minum ada Restoran tempat makan dan penjualan oleh-oleh produksi has Nunukan.

 

mitrapol : Apakah ada perbedaan jalur khusus keluar dan jalur khusus masuk ?.

Pelindo : Memang dirancang Khusus jadi kalau ada pencurian atau hal yang mencurigakan mudah mecegaknya.
Nanti diterminal jika akan keluar dari kapal mengunakan knopi sampai nanti di pagar besi sampai dermaga, jadi tidak ada lagi penumpang yang kehujanan kepanasan sampai ke kapal

 

mitrapol : Dengan adanya Portal E-Pass berapa persen terjadi peningkatan pendapan Pelindo.?

Pelindo : Dengan adanya sistem Elektronik Portal E-pass ini pendapatan Pelindo secara otomatis meningkat 25-30% dan mengurangi namanya lose dari pada kegiatan.

 

mitrapol : Sejak Muhammad Ilyas menjabat sebagai GM Pelinfo IV Cabang Nunukan berapa sih pendapatan Pelindo cabang nunukan yang distor kepada Negara?

Pelindo : Kalau nilainya belum bisa disampaikan disini, tapi secara grafik peningkatannya sebelum menggunakan Portal E-Pass setelah kita menggunakan sistem tersebut ada selisih peningkatan kurang lebih 20-30%.

 

mitrapol : Didalam memajukan Pelabuhan ini apakah melibatkan Pemerintah Daerah?

Pelindo : Pelabuhan ini bukan saja milik Pelindo semata tetapi milik kita bersama, secara otomatis Pemerintah setempat dilibatkan dan juga semua steakholder baik dari kepolisian, TNI, Bea Cukai, Sabandar, Karangtina dan pihak dunia usaha yang diwakili oleh Kadin. Kita semua harus berkolaborasi didalam membangun dan memajukan Pelabuhan.

 

mitrapol : Kenapa pelabuhan Nunukan ini di istimewakan dibandingkan dengan pelabuhan lain di Indonesia Tengah dan Timur ?

Pelindo : Pelabuhan dan Terminal Penumpang dirancang dan dibangun dengan bagus karena atas Perintah Presiden saat berkunjung ke Nunukan beberapa tahun lalu.

Presiden mengatakan Pelabuhan ini harus lebih bagus dibandingkan pelabuhan yang ada di Tawau Sabah Malaysia apalagi Pelabuhan Nunukan dikatakan Pelabuhan Intenasional harus lebih baik dibandingkan Pelabuhan yang lain di Indonesia Timur. Pungkas Muhammad Ilyas General Maneger (GM) Pelindo Cabang Nunukan.

 

 

Yusup. P

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *